Cara Menulis Postingan Yang Benar dan Bagus



Terkadang banyak dari mereka tidak begitu memperhatikan tulisan yang mereka buat, dan terkadang banyak dari mereka menulis dengan sesuka hati sendiri, tanpa berfikir apakah tulisan yang mereka buat enak di baca atau tidak.
Mungkin sudah hal biasa jika kebanyakan pemula belum bisa menerapkan penulisan postingan yang baik, bagus dan benar.
Padahal penulisan postingan yang baik, bagus dan benar sangatlah banyak manfaatnya, berikut ini manfaat yang bisa kalian dapat dari bagusnya tulisan yang kalian buat pada postingan di blog yang kalian bangun.

1. Pembaca blog kalian akan mudah memahami postingan yang kalian buat.
2. Pembaca akan nyaman dengan tulisan kalian.
3. Akan memotivasi diri sendiri.
4. Akan semakin bertambah semangat dalam menulis.

Dan lalu bagaimana menurut kalian, apakah sudah siap belajar bagaimana cara penulisan postingan yang baik, bagus dan benar.
Mari kita pahami poin poin berikut ini.

1. Mudah dipahami

Sebuah postingan yang baik, bagus dan benar bisa di pastikan postingan tersebut mudah dipahami oleh setiap pengunjung yang membaca postingan di blog kalian.
Lalu bagaimana agar postingan kalian mudah untuk dipahami.

Berikut ini cara agar postingan sobat mudah dipahami.

A. Penulisan tidak di singkat-singkat

Pada umumnya setiap orang pasti pernah menulis sms begitu juga dengan seorang blogger.
Nah dari kegiatan sms tersebut ada kebiasaan yang tidak baik di bawa saat menulis postingan yaitu penulisan yang disingkat-singkat.
Mungkin kalau sesama teman sms bisa memahaminya tapi jika penulisan di sms di samakan dengan penulisan pada postingan maka hal tersebut sangatlah salah, tidak masalah jika penulisan sms disingkat singkat yang membaca kan teman sendiri.
Tapi penulisan di postingan sangatlah jauh berbeda karena tulisan pada postingan blog itu sifatnya publik dan bisa di baca oleh "siapapun" dan dari  manapun pengunjung itu berasal.

Jadi, jika kalian merasa penulisan postingan masih ada yang disingkat-singkat seperti penulisan sms, saya sarankan rubahlah cara penulisan tersebut.
Jangan sampai setiap postingan di blog yang kalian bangun yidak ada yang baca karena penulisan postingan seperti penulisan pada sms yang tidak sama sekali bisa dipahami oleh pembaca dan pengunjung blog kalian.

B. Menggunakan bahasa yang umum bukan bahasa daerah

Mungkin ada banyak dari kalian yang tidak begitu lancar dalam berbahasa Indonesia, tapi justru lancar berbahasa daerah.
Jika iya, hal itu tidak begitu masalah.
Tapi usahakan kalian  menggunakan bahasa Indonesia untuk postingan di blog kalian karena itu adalah bahasa yang umum di gunakan setiap orang terutama di Indonesia, terlebih jika kalian mahir dalam mengunakan bahasa inggris.

Jika kalian menulis postingan dengan bahasa daerah pasti pembaca postingan kalian akan sulit memahaminya "karena" setiap pembaca postingan di blog kalian belum tentu mengerti dengan bahasa yang kalian gunakan, ya tidak masalah kalian mengunakan bahasa daerah selagi yang mbaca dari 1 daerah kalian, namun itu tidak mungkin karna ada beribu-ribu bahkan berjuta-juta para netter di internet.

2. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyakiti perasaan orang lain

Sopan dalam berbicara hampir sama dengan sopan dalam menulis.
Kesamaanya terdapat pada tujuannya.
Tujuan sopan dalam berbiacara dan menulis adalah agar apa yang kita sampaikan melalui setiap kata yang kita ucapkan dan setiap kata yang kita tulis tidak menyinggung atau menyakiti orang lain.

Maka dari itu untuk kalian para blogger pemula (termasuk saya) ataupun kalian para blogger yang sudah tidak lagi pemula (senior bahasa kerennya) harus selalu memperhatikan apakah penulisan pada setiap postingan yang kalian buat terdapat kata yang menyakiti perasaan orang lain atau tidak.

Salah satu contoh penulisan postingan yang berpotensi menyakiti orang lain adalah postingan yang mengejek suatu suku tertentu atau juga memojokan orang lain, termasuk golongan, agama tertentu.

Jika kalian masih bertanya apakah hanya itu saja cara penulisan postingan yang baik.
Menurut saya beberapa poin diatas sudah cukup untuk menjadikan postingan di blog kalian jadi lebih baik dari sebelumnya tapi jika kalian bisa menerapkanya dengan baik.

Jika kalian menerapkan poin-poin diatas dengan baik dan konsisten maka tidak mustahil postingan kalian akan selalu di tunggu-tunggu oleh pengunjung setia blog kalian.

Karna Newbie mungkin hanya sebatas itu saya yang bisa saya sampaikan dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Menulis Postingan Yang Benar dan Bagus"

Post a Comment

Kami Telah Menandai Spam Pada Komentar Yang Memberikan Link Hidup.