Asal usul sejarah sundel bolong

sejarah sundel bolong

Sundel Bolong bisa kategorikan, mahluk halus yang sosoknya menyerupai kuntilanak, berambut panjang dan berpakaian putih panjang sampai ke tanah.
Sundel Bolong bisa dikategorikan, sama dengan hantu yang ada di Indonesia pada umumnya, Sundel Bolong digambarkan sebagai wanita cantik berambut panjang dan bergaun panjang warna putih, dan terdapat Bolong "berlubang" di bagian punggung, rambut panjangnya akan sedikit menutupi bagian yang Bolong.

Sebenarnya Sundel Bolong, banyak dikatakan Mitos hantu Sundel Bolong juga sudah terkenal di negeri Jiran Malaysia, imigran-imigran yang berasal dari nusantara lalu membawa cerita yang berkembang disana.
Diduga bahwa mitos ini diciptakan dan disebarkan di nusantara untuk menghindarkan wanita yang berjalan sendirian saat malam hari di pedesaan dari gangguan laki-laki yang berniat jahat, terutama untuk memperkosa, ada juga yang mengambarkan hanya untuk menakut-nakuti anak kecil agar cepat tidur pada waktu malam hari.

Sundel Bolong jika diartikan "Sundal" yang umumnya merujuk pada "wanita jalang" atau "pelacur", sementara "Bolong" diambil dari bahasa jawa yang artinya "berlubang tembus".

Pengertian Sundel Bolong adalah suatu mahluk halus yang sosoknya menyerupai kuntilanak, berambut panjang dan berpakaian putih panjang sampai ke tanah, jumlahnya tidak banyak.
Biasanya hidup sendirian di bagian bawah pohon yang besar dan rimbun.

Perbedaan Kuntilanak dan Sundel Bolong adalah, bagian punggungnya berlubang dan wajahnya menakutkan.
Jika kita lewat di dekatnya, dari tempat keberadaannya sering tercium bau busuk.
Sundel Bolong memiliki kekuatan gaib setingkat dengan kuntilanak.

Pesugihan Sundel Bolong

Salah satu pesugihan, yang sering digunakan orang adalah dengan meminta jasa Sundel Bolong.
Menurut cerita yang beredar, penganut pesugihan ini dapat dideteksi ketika mereka masih hidup.
Wajah pengikut pesugihan Sundel Bolong selalu tampak suram, walaupun ia seorang perempuan yang sangat cantik, dan pertanda itu makin jelas setelah pelaku pesugihan meninggal dunia.

Mereka yang memperoleh kekayaan dengan cara nyupang, atau melakukan pesugihan Sundel Bolong ketika meninggal dunia jasadanya segera berubah, bahkan jika dimandikan perubahan itu sudah dapat dideteksi. Pada punggung mayat akan terlihat tanda kehitam-hitaman membentuk lingkaran yang cukup besar, dan banyak juga yang berpendapat jika nantinya pelaku pesugihan ini akan ikut juga menjadi Sundel Bolong.

Warna hitam yang terdapat pada punggung mayat itu akan segera berubah menjadi lubang bila sudah dikebumikan dan ditinggal sampai jarak 7 langkah.
Saat itulah jasad akan berubah menjadi Sundel Bolong dan menjadi pengikut Sundel Bolong yang telah memberikannya kekayaan.

Dan setelah pencari kekayaan Sundel Bolong meninggal dunia, maka warisannya pun akan segera menyusut. Entah dengan cara bagaimana, kekayaan itu segera berkurang, sekalipun kekayaan yang disimpan dalam almari bisa berubah menjadi belatung dan menghilang di balik tanah.

Sangat sulit untuk menghindari perjanjian Ghaib, yang telah disepakati antara pencari pesugihan dengan mahkluk halus yang bersedia membantunya.

Legenda Sundel Bolong

Hantu Sundel Bolong merupakan arwah penasaran dari wanita yang mati karena diperkosa.
Ia lalu melahirkan anaknya di dalam kubur, menurut cerita turun temurun, Sundel Bolong menyukai ari-ari bayi.

Karena sama-sama berambut panjang dan memakai baju putih, banyak yang mengira Si Sundel sama dengan si Kuntilanak, bolong yang terdapat pada punggungnya menjadi pembeda keduanya.
Lubang ini tercipta karena Sundel Bolong melahirkan anaknya lewat punggung, Sundel bolong sangat malu dengan lubang pada badannya dan selalu berusaha menutupinya.

Namun masih banyak lagi versi-versi hantu ditanah air kita, dan saya rasa cukup sampai disini pembahasan seputaran Si Sundel Bolongnya.

0 Response to "Asal usul sejarah sundel bolong"

Post a Comment

Kami Telah Menandai Spam Pada Komentar Yang Memberikan Link Hidup.