Cara blokir email spam dengan mudah

Cara untuk memblokir email sebuah email yang masuk sebenarnya tidaklah sulit, jika kalian mengetahui cara untuk melakukannya.
Akan tetapi masih sangat jarang sekali yang mengetahui akan hal ini, juga mengetahui cara untuk memblokir pesan-pesan sampah tersebut agar tidak lagi ada pada akun email yang mereka gunakan.

Tak jarang banyak orang yang akan pusing dengan hal seperti ini, termasuk saya, dulu saya sering sekali mengalami hal seperti ini dan sekarang saya tinggal blokir saja jika ada email spam yang masuk ke alamat email yang saya gunakan.

Mungkin kalian juga sering sekali mendapatkan email masuk yang tidak sama sekali kalian inginkan, dan kebiasaannya email spam yang masuk tersebut banyak mengunakan bahasa-bahasa inggris, dan isi spam tersebut bisa berupa ajakkan atau bujukan untuk kalian mendaftar di sebuah situs-situs tertetu.
Atau bahkan email yang masuk tersebut justru mengajak kalian menuju situs-situs phising, terlebih jika kalian yang memiliki akun di paypal, payza dan lainnya, tentu hal ini akan menimbulkan kewaspadaan untuk kalian.


Dan pada artikel ini saya akan mmberikan beberapa tips untuk kalian memblokir email spam yang tidak di inginkan masuk ke email kalian, akan tetapi setelah kalian memblokir alamat email tersebut bukan berarti si pengirim email tidak bisa lagi mengirimkan kalian email.

Mereka dapat terus mengirimkan kalian email-email spam, akan tetapi dengan memblokir email dari alamat tertentu pesan tersebut akan secara otomatis terhapus jadi kalian tidak perlu lagi repot-repot menghapus pesan tersebut..

Akan tetapi jika kalian mengunakan alamat email dari yahoo dan hotmail pesan yang kalian blokir tidak akan dapat terlihat lagi, berbeda hal nya dengan gmail, di gmail pesan yang telah kalian blokir akan bisa di lihat pada kotak sampah sampai batas waktu untuk penghapusan secara permanen, berikut cara untuk memblokir pesan dari email yang tidak kalian inginkan.

CARA BLOKIR EMAIL DI GMAIL

Untuk memblokir email spam yang masuk di akun gmail kalian cukup mudah, pastinya kalian harus memiliki email di gmail untuk mengikuti cara ini.

Terlebih dahulu silahkan kalian login ke alamat gmail kalian, lalu carilah email yang akan kalian blokir, jika terdapat pesan di kotak spam segeralah buka folder terebut dan tandai terlebih dahulu pesan yang akan kalian blokir, perhatikan screenshot agar lebih mudah.


Setelah kalian tandai pesan tersebut silahkan klik pada menu lainnya tepat seperti screenshot di atas, setelah menu tergulir ke bawah, lanjutkan dengan memilih buat filter pesan-pesan seperti ini.

Selanjutnya kalian akan melihat jendela tampilan untuk membuat filter pesa tersebut, kalian lanjutkan dengan mengklik buat filter dengan penelusuran ini perhatikan screenshot agar lebih jelas.


Selanjutnya kalian centang kolom hapus agar pesan dari pengirim bisa langsung di lanjutkan ke kotak sampah, untuk lebih jelasnya perhatikan screenshot.


Setelah kalian mencentang kolom hapus lanjutkan dengan mengklik buat filter, nah sekarang kalian bisa aman dari alamat email yang telah kalian filter tersebut.

Jika suatu saat kalian akan menghapus daftar filter kalian bisa melihat pada menu gir lalu lanjutkan dengan setelan kalian bisa melihat pada filter dan pesan di blokir kurang lebih tampilannya seperti ini.


Silahkan kalian pilih alamat email yang akan kalian hapus dari daftar filter kalian, itu juga jika kalian ingin menghapus, tapi jangan salahkan saya jika setelah kalian hapus lalu si pengirim terus mengirimkan pesan-pesan spam ke email kalian lagi.

Jika di atas cara memblokir email di gmail, sekarang kita bahas cara memblokir email spam di alamat email lainnya.

CARA BLOKIR EMAIL DI YAHOO

Seperti yang saya tulis di atas, jika email yang di filter di gmail masih akan terlihat di kotak sampah, berbeda halnya dengan di yahoo.

Pesan yang masuk ke daftar filter akan secara otomatis terhapus, jadi kalian tidak akan mengetahui jika si pengirim mengirimkan kembali email kepada kalian.

Cara untuk memblokir email tersebut begini, langkah pertama silahkan kalian klik gir pada pojok kanan atas dan di lanjutkan dengan mengklik setting untuk lebih jelas lagi silahkan liat scrnshot.


Pada menu setting pilih banned adress kalian bisa melihat kolom yang harus kalian isi dengan alamat email, silahkan kalian isi terlebih dahulu lalu klik ban setelah alamat tersebut pindah ke bawah pada kolom daftar banned klik save untuk lebih jelas silahkan lihat-lihat di bawah ini contohnya.


Si pengirim email spam ke akun yahoo kalian tetap dapat mengirimkan pesannya, akan tetapi kalian tidak akan mengetahui pesan tersebut.

Jadi bisa katakan kalian tidak perlu pusing lagi dengan banyaknya e-mail sampah yang masuk di akun kalian, dan sekarang saatnya kita membahas cara blokir email masuk di akun windowslive atau hotmail.

CARA BLOKIR EMAIL DI HOTMAIL

Seperti yang kita ketahui para pelaku spammer tidak perduli alamat email apa pun yang kalian gunakan, jika mereka ingin mengirimkan sebuah email tetap saja akan terkirim, sekali pun itu dalam jumlah yang bayak.

Berikut cara untuk memblokir pesan masuk di hotmail, pertama silahkan kalian mengklik gambar gir lalu lanjutkan dengan mengklik menu setelan untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan screnshot.


Selanjutnya kalian akan di bawa pada menu selanjutnya, pada halaman selanjutnya silahkan kalian pilih pengirim aman dan pengirim di blokir untuk lebih jelasnya seperti ini.


Pada menu selanjutnya silahkan kalian pilih pengirim di blokir tepat sama persis seperti gambar di bawah ini.


Pada menu selanjutnya kalian bisa melihat kolom untuk kalian mengisikan alaman email, silahkan kalian isi terlebih dahulu.

Setelah mengisikan kolom dengan sebuah alamat email lanjutkan dengan mengklik tambahkan ke daftar.


Setelah kalian tambahkan alamat email ke daftar, sekarang kalian bisa santai tanpa harus lagi ada alamat email yang mngirimkan pesan-pesan sampahnya ke alamat email kalian.

Hotmail sama seperti yahoo mail, pesan yang telah kalian tambahkan ke daftar blokir tidak akan pernah terlihat lagi oleh kalian, jadi kalian tidak akan mengetahui lagi jika si pemilik email mengirimkan kembali email kepada kalian.

SARAN
Jika kalian sering mendapatkan email spam di akun kalian, jangan sesekali mengklik link atau tautan yang di kirim beserta email tersebut, pada banyak kasus link tersebut banyak menyisipkan virus yang bisa merusak perangkat yang kalian gunakan.

Juga jangan sesekali mengklik link dengan bacaan seperti unsucribe tanpa bisa di cek keaslian alamat website tersebut, terkadang semua itu hanya pancingan saja untuk mengetahui bahwa email yang di kirim tersebut kalian baca atau tidak, dan jika kalian klik si pengirim bisa mengetahui jika email yang mereka kirimkan di baca oleh kalian, terkadang si pengirim akan mengirimkan lebih banyak email lagi.

CARA MENCEGAH
Sebenarnya tidak ada cara kusus untuk mencegah hal ini, terkadang memang para pelaku spammer mencari tau suatu alamat email yang masih aktif.

Banyak tools yang bisa mereka gunakan untuk mencari ribuan bahkan puluhan ribu akun email aktif yang bisa mereka jual, akan tetapi hal ini bisa terjadi juga terdapat pada kalian sendiri, berikut beberapa kesalahan yang biasanya terjadi.

Mendaftar di situs sebagai penguna internet kalian pasti pernah mendaftar di situs-situs tertentu, terkadang kalian bisa saja salah dalam mencentang kolom seperti mencentang kolom sucribe newslatter dan sebagainya, sehingga system dari situs tersebut mengirimkan kalian email secara terus menurus, akan tetapi jika salah mencentang kolom seperti ini, kaliancukup mengklik unsucribe saja biasanya pesan tidak akan di kirim lagi, akan tetapi jika link unsucribe erro atau rusak ya sama saja kalian akan tetap terus menerima email pemberitahuan, karna telahberlangganan via email.

Whois domain bagi para pemilik domain juga pasti sering mendapatkan email seperti ini, karna email saat kalian mendaftarkan sebuah domain terdaftar pada situs-situs whois dan bisa di cek oleh para pelaku spammer tadi, hal ini bisa kalian cegah denganmengaktifkan privacy protect pada domain kalian saat mendaftarkan nama domain tersebut.

Memajang alamat email hal ini juga banyak terjadi pada pemilik situs, sebut saja pada form contact us, atau hubungi admin via email, akan tetapi jika seperti jarang riel manusia sebagai penguna internet yang mencarinya, kebanyakan tools-tools tertetu atau sofwer-sofwer yang merekam setiap tanda @ hal ini banyak terjadi karna biasanya para pemilik situs sering menambahkan seperti alamat@email.saya di bagian footer situsnya, baik itu dengan maksud baik atau juga hanya sekadar berbangga-bangga saja, jika kalian memang membutuhkan hal seperti ini dengan meletakan alamat email kalian pada situs yang kalian kelola cobalah untuk menambahkan (at) atau [at] agar robot-robot sofwer tertentu tidak merekam alamat email kalian.

Hanya sebatas itu saja yang bisa saya sampaikan untuk lebih dan kurangnya saya mohon maaf jika terjadi kesalahan dalam penulisan.

Semogga Bermanfaat

0 Response to "Cara blokir email spam dengan mudah"

Post a Comment

Kami Telah Menandai Spam Pada Komentar Yang Memberikan Link Hidup.