Cara Buat Wap Mp3 di Wapka.mobi

Di jaman sekarang membuat ataupun memiliki sebuah situs download baik mp3 ataupun video lagi musim sekali, dari yang mengunakan Hosting berbayar sampai Hosting gratisan seperti wapka.mobi jadi tidak ada salahnya blog ini ikutan update cara pembuatan Situs Download Mp3 di Wapka.mobi sangat khusus untuk kalian yang biasanya ngotak/atik Handphone kalian.

Untuk wapka.mobi kalian tidak perlu takut limitid space ataupun bandwith seperti pada hosting berbayar di wapka kalian bisa mendapatkan akses premium secara gratis, dalam artian kalian bisa terus meng-upload file berupa Mp3 sebanyak yang kalian mau sepuas kalian secapek kalian meng-upload file tersebut.
Hanya saja kalian di batasi per-upload tidak boleh lebih dari 100MB di bawah kapasitas 100MB itu sudah terbilang lumayan dan cukup, dan kalian bisa terus meng-upload file setiap harinya.

Baiklah tanpa perlu berbasah-basi lagi, langsung saja untuk kalian yang merasa ingin membuat situs download mp3 di wapka.mobi silahkan siapkan peralatannya terlebih dahulu, adapun peralatan yang harus kalian siapkan.

1) Sebuah Handphone/HP yang mendukung Browser internet, saya sarankan kalian mengunakan aplikasi Operamini 6 keatas.
2) Pulsa untuk kalian tukar ke Paket Data.
3) Alamat E-mail, kalian bisa mengunakan alamat E-mail dari Windowslive, Google Mail, ataupun Yahoo Mail terserah kalian ingin mengunakan yang mana.
4) Niat ingin belajar.
5) Berdo'a sesuai agama dan keyakinan.

Jika semua peralatan di atas telah disiapkan, sekarang saatnya kalian mengunjungi situsnya www.wapka.com
Jika kalian belum memiliki akun di wapka silahkan mendaftar terlebih dahulu, untuk mendaftar kalian perlu mengklik signup pada halaman awal wapka, seperti ini.


Setelah kalian klik SignUp selanjutnya akan ada tampilan seperti ini.


Silahkan kalian isi terlebih dahulu seperti.
Alamat E-mail
Sandi kalian isikan sandi yang sama 2 kali pada kolom yang telah di sediakan
Pikirkan terlebih dahulu alamat situs download yang akan kalian daftarkan, Ingat pada wapka situs yang sudah di buat tidak bisa di hapus.
Kalian bisa memilih salah satu dari 3 pilihan sub-domain wap-ka.com, wapka.mobi atau wapka.me silahkan pilih sesuai selera kalian
Jika kalian merasa sudah pas klik signup
Selanjutnya silahkan kembali ke alamat E-mail kalian unntuk mengompirmasi kepemilikan E-mail yang tadi kalian daftarkan, setelah meng-klik E-mail kompirmasi sekarang kita masuk ke tahap pembuatan situs download mp3 kalian.

Langkah awal yang harus kalian jalankan, masuk ke akun wapka kalian kurang lebih tampilannya seperti ini.


Silahkan kalian klik Manage pada situs yang kalian daftarkan tadi, sama persis seperti screenshot di atas.
Selanjutnya kalian Klik Other untuk mempermudahkan kalian dalam peng-editan situs download kalian, perhatikan screenshot biar lebih gampang.


Setelah meng-klik Other kalian akan melihat Kolom yang harus kalian Centang.


Silahkan kalian centang terlebih dahulu dan klik Save setting, selanjutnya klik Back.
Sekarang saatnya kalian masuk pada Index situs kalian, dalam artian Index adalah halaman depan.


Silahkan kalian klik Admin Mode untuk masuk ke halaman situs kalian, sama persis seperti screenshot di atas.
Untuk menyelesaikan tampilan Index kalian, terlebih dahulu silahkan kalian masuk ke Global Setting untuk memberikan URL CSS pada situs kalian gunakan saja script-script dari posting ini terlebih dahulu yang nanti kalau sudah kalian buat semua tinggal atur sendiri.
Untuk masuk ke Global Setting perhatikan screenshot ini.


Setelah kalian memilih Global Setting silahkan klik Add pada button sebelahnya, selanjutnya kalian akan melihat pilihan dan klik HEAD Tags perhatikan screenshot.


Kalian akan melihat Kolom kosong yang harus kalian ini.


Isikan Tag ini pada kolom tersebut.


Setelah kalian mengklik set sekarang saatnya kalian kembali ke halaman index untuk mengatur halaman Header/atas dan Footer/bawah situs kalian, untuk mengatur halaman tersebut silahkan kalian klik Add Autocontent dan klik Add, kalian bisa melihat tampilan seperti ini.


Selanjutnya akan terlihat tampilan seperti ini, dan centang ke dua kolom lalu klik set exception, dan langsung klik bacaan Top (header)


Silahkan kalian Klik XML/XHTML code dan klik Add, perhatikan screenshot.

Isikan Tag ini terlebih dahulu, jika semua sudah selesai silahkan kalian edit dan atur sendiri.


Selanjutnya pilih Add Autocontent kembali untuk masuk ke halaman Footer/Bawah situs kalian, caranya hampir sama dengan membuat Header/Atas tadi namun ini hanya berbeda Tag.
Jika Perhatikan screenshot di atas, setelah kalian meng-klik Add autocontent di atas, jika tadi kalian Klik TOP Item (Header) sekarang Klik yang BOTTOM Item (Footer) dan tambahkan Tag ini.


Sekarang saatnya kalian menambahkan Tags pada halaman situs kalian, silahkan kalian kembali dari awal bila perlu jika kalian pusing bin mumet, akses halaman awal wapka.mobi lagi dan ulang dari awal klik lagi menu Admin Mode untuk masuk kembali ke halaman awal, index situs kalian setelah sampai di halaman index kalian tambahkan Tags ini terlebih dahulu dengan cara memilih XML/XHTML code dan klik Add seperti di atas..


Tags di atas adalah untuk menampilkan list mp3 yang kalian upload nanti, selanjutnya kalian tambahkan Tags ini untuk menambahkan Kolom search atau pencarian file mp3 di situs kalian, fungsinya agar pengunjung situs kalian mudah dalam mencari file yang mereka inginkan dan cara ini sama kalian harus memilih XML/XHTML code terlebih dahulu.


Jika Tags di atas sudah kalian pasang sekarang kita buat dulu halaman detail download, fungsi halaman detail download ini halaman di mana jika pengunjung ingin mendownload mp3 di situs kalian mereka bisa menuju halaman ini terlebih dahulu.
Untuk menambahkan halaman silahkan kalian turun kebawah situs kalian, pada halaman paling bawah kalian bisa melihat bacaan EDIT SITE dan di bawahnya terlihat bacaan site ID 0 » silahkan kalian klik dan masukan :

-3

Ingat isikan tanda - Plus/Kurang dan angka Tiga 3 dan klik JUMP, perhatikan screenshot.


Selanjutnya kalian akan melihat tampilan seperti ini.

Klik New Page dan klik Add, pastikan kalian memberi Title atau judu dengan detail download, lalu tambahkan Tags ini.


Setelah kalian menambahkan Tags di atas pada halaman detail download, sekarang mulailah kalian meng-upload file mp3 yang akan di tampilakan pada situs kalian.
Sebagai saran dari saya untuk menghemat quota paket internet kalian jangan gunakan Fitur upload manual tapi gunakanlah fitur upload via URL.

Untuk mengambil URL yang akan kalian upload, pastikan kalian membuka 2 tab pada operamini kalian, dan cari situs download mp3 yang tidak ribet dalam proses downloadnya, untuk ini dari pengalaman saya mengunakan SIM Card 3 atau XL yang lebih mudah dalam pengambilan URL.
Jika kalian kebetulan mengunakan SIM Card ini, pasti kalian pernah melihat dialog saat ingin mendownload nah link itulah yang bisa kalian gunakan untuk mengupload file via URL di wapka, tapi tidak semua URL bisa kalian Upload di wapka.
Silahkan kalian mencoba menguploadnya berjalannya hari kalian pasti akan mendapat pengalaman dari ini.

Untuk mengupload file mp3 silahkan kalian akses menu Content Manager yang bisa kalian temukan pada edit site atau langsung lewat menu perhatikan screenshot biar lebih gampang.


Kalian bisa melihat tampilan seperti ini, dan pilih music untuk mengupload file mp3 kalian.


Saya sarankan kalian membuat Folder terlebih dahulu, fungsi folder ini untuk kalian membuat kategori di situs kalian nanti.
Kategori pada situs kalian sangatlah penting untuk pengunjung kalian agar mereka lebih mudah dalam mencari file yang mereka suka, untuk membuat Folder memang mudah kalian tinggal mengetik tapi ada baiknya kalian memikirkan sejenak nama tersebut, contohnya kalian ingin membuat Folder mp3 dangdut, rock, hip rock ataupun pop.
Jika kalian sudah membuat Folder silahkan masuk dan mulailah mengupload file kalian, perhatikan cara untuk membuat Folder kategori kalian.


Klik Create new Category untuk membuat kategori, setelah Folder tersebut siap perhatikan cara untuk menguploadnya.


Pada contoh di atas saya praktekan pada Folder religi, dan ingin mengupload file silahkan kalian perhatikan screenshot.


Cara di atas mengupload file via URL, kalian bisa mencari URL terlebih dahulu dari situs-situs download mp3 yang mudah dan tidak ribet dalam melakukan download, jika URL alamat downloadnya sudah siap kalian isikan pada kolom yang sediakan, perhatikan langkahnya.


Jika alamat URL yang kalian masukan pas dan berhasil tampilannya akan seperti ini.


Jika tampilan seperti screenshot di atas berarti kalian telah berhasil mengupload via URL, dan silahkan isi semua data secara manual di antaranya.
Music Title : Judul lagu
Music album : album jika tidak kosongkan saja
File name : nama file yang jika di download akan tertera nama dan judul yang kalian buat
Discription : diskripsi dari file tersebut atau kalian bisa kosongkan saja
Music Tag
Isikan saja sama seperti di atas.
Setelah semua data kalian isi secara manual silahkan kalian KLIK Submit.
Di lain waktu berjalannya hari kalian akan sedikit demi sedikit mengerti tentang wapka, dan proses upload juga kalian bisa mengunakan Upload Via Package dimana kalian bisa mengupload file yang sudah di Puck dengan format zip, ataupun rar biasanya file yang sudah di puck ini komplit per album, jadi sekali kalian upload bisa puluhan lagu yang terupload.
Namun cara ini mungkin bisa kalian gunakan di lain waktu sembari kalian pelajari dulu.

Untuk file yang tadi kalian upload tidak akan langsung tampil pada pengunjung biasa kalian, terkecuali jika kalian mengakses situs mengunakan Admin file yang tadi di upload akan muncul dan terlihat tapi sebaliknya jika kalian mengakses situs kalian secara langsung kalian belum bisa melihat file yang tadi kalian upload karna membutuhkan waktu untuk file tersebut bisa tampil di situs kalian, tapi kalian jangan kuatir file tersebuat akan tampil hanya saja membutuhkan waktu.

Tahap di atas bisa kalian terapkan tapi belum maksimal untuk kalian publikasihkan karna masih banyak kekurangan dari situs kalian, kalian masih harus menambahkan Favicon gambar kecil pada situs kalian, juga kalian harus menambahkan Kategori secara manual di situs kalian.

Untuk kalian yang ingin menambahkan kategori sekaligus ke situs download kalian, silahkan kalian kembali membuat page halaman dengan cara menambahkan halaman seperti pada membuat detail download, kalian harus kembali turun ke bawah situs kalian untuk mengakses site ID 0 dan mengisikan -3 lalu jump seperti tahap pembuatan detail download.
Silahkan kalian membuat New Page kembali tapi caranya sedikit berbeda jika sebelumnya kalian membuat dengan nama Detail Download sekarang silahkan kalian buat dengan nama kategori yang akan kalian buat saya contohkan kalian ingin membuat kategori untuk musik rock, kalian bisa mengisinya dengan nama rock atau sesuka dan kreative kalian berfikir, setelah halaman yang kalian buat tersebut selesai silahkan kalian lihat terlebih dahulu CID di folder kategori Content Manager yang akan kalian buat kategori dan di tampilkan di situs kalian, jika kalian tidak tau CID silahkan lihat screenshot.



angka di dalam (cid:5999xxx) tersebutlah yang nantinya bisa kalian gunakan untuk menampilkan list pada kategori kalian, Tags untuk menampilkan list pada kategori kalian bisa mengunakan Tags list index kalian hanya saja kalian harus merubah sedikit perhatikan yang harus kalian rubah jika pada index kalian melihat tampilan seperti ini.
<div class="phdr" align="center">
<font color="red"><b>LAST UPLOAD</b></font></div>
<div class="hdr" align="left">
:list-music:cid=:geti-cid(0):,l=10,n=tidak ada musik,s=:geti-number(1):,o=createtime::
<h3>
<a href="/site_1.xhtml?cmid=%cmid%?get-title=%title%:admin-hash-amp:">%title%</a></h3>
<div class="gmenu">
<font color="green"><b>
Size : %filesize%</b></font></div>
<hr color="#00008D" size="5"/>
::<br />:/list-music:
<div class="list1">
<center>
<font size="5">
:paging:
n=:geti-number(1):, u=site_:getid-site:.%ext%?get-number=%n%:admin-hash-amp: ::%prev% %n% %n% %n% %next% %nlast% :/paging:
</font>
Pada list :
 :list-music:cid=:geti-cid(Isikan CID yang ada pada kategori di Content Manager):,l=10,n=tidak ada musik,s=:geti-number(1):,o=createtime::
Kurang lebih seperti ini
 :list-music:cid=:geti-cid(5999xxx):,l=10,n=tidak ada musik,s=:geti-number(1):,o=createtime::
Tanda 5999xxx hanyalah contoh saja dan kalian jangan mengisikan xxx isikan saja angka pada Folder di Content Manager kalian tadi.

Selanjutnya kalian bisa menambahkan manual ke Index atau halaman awal situs kalian.
Silahkan kalian ulangi cara di atas sebanyak yang kalian mau dan gunakanlah seperti pada di atas, jika kalian merasa  belum ada yang pas silahkan kalian ulangi membaca postingan ini secara cermat, dan perhatikan dengan baik langkah demi langkahnya.
Untuk membangun sebuah situs download ini hanyalah separuh perjalan dan masih banyak lagi langkah yag harus kalian jalani seperti memverifikasikan situs kalian ke google webmaster, bing webmasters juga kalian harus mengisi angka pada sitemap mengatur file robots.txt pada akun wapka kalian dan masih banyak lagi yang"mungkin"akan saya jabari di lain waktu.

Semogga Bermanfaat

14 Responses to "Cara Buat Wap Mp3 di Wapka.mobi"

  1. Kenapa halaman downloadnya tidak jadi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang di Wapka Halamannya tidak langsung muncul seperti situs biasanya hanya btuh beberapa waktu lagi untuk memunculkan halaman Download

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Waktunya kira2 berapa lama gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara menambahkan detail download > Upload terlebih dahulu Mp3/Video gan, terus pasang Tag untuk di detail download setelah dipasang halaman Biasanya terdapat bacaan (tidak ada File DLL) cara melihatnya kembali ke index wap agan terus klik file Mp3/Video yg agan Upload tapi. Tapi dengan ketentuan Halaman Detail download di Index sama persis yg di pasang ya gan.

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Kami Telah Menandai Spam Pada Komentar Yang Memberikan Link Hidup.