Cek backlink ke situs dengan mudah

Seperti yang kita ketahui, banyaknya para blogger termasuk pemilik situs lainnya sangat senang jika mendapatkan banyak backlink ke situs yang mereka kelola, dan kita sebagai pemilik situs atau blog pasti tau ada banyak cara untuk mendapatkan backlink secara gratis dan semua itu bisa di lakukan dengan melakukan search pada mesin pencari, akan ada banyak artikel yang membagikan cara mendapatkan backlink secara gratis dan juga premium dengan cara berbayar.

Karna ada banyak cara untuk mendapatkan backlink secara gratis, lalu pasti akan ada banyak pula cara untuk mengecek berapa banyak jumlah backlink ke situs yang kita kelola, juga ada banyak situs-situs penyedia cek backlink secara gratis, namun belum di ketahui seberapa akurat informasi yang di hasilkan.

Sebelum kita membahas tentang cara cek backlink, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu backlink, pasti tidak semua pemilik situs benar-benar paham dan mengerti akan apa itu sebuah backlink, dan berikut pembahasan singkat tentang backlink.

APA ITU BACKLINK

Dari tulisan tersebut (backlink) bisa kita pahami, tulisan backlink di ambil dari bahasa inggris, dan bisa kita artikan sebagai Tautan Balik atau tautan ke situs kita.

Dan terdapat banyak cara untuk mendapatkan sebuah tautan balik ke situs yang kita kelola, dan cara yang paling banyak di gunakan oleh para pemilik situs ialah mengunakan bantuan sofwer-sofwer tertentu atau juga mengunakan situs penyedia jasa submit backlink, baik secara gratis atau juga berbayar, namun yang gratisanlah paling banyak di gunakan, bukan hanya mengunakan sofwer atau juga situs-situs penyedia submit backlink yang biasa di gunakan, akan tetapi bersosialisasi melalui situs jejaring sosial media juga banyak yang memanfaatkan ini untuk mendapatkan sebuah tautan balik (backlink).

Bukan hanya dari sebuah situs tertentu yang bisa kita sebutkan sebagai backlink, artikel atau URL tertentu pada situs yang kita kelola dan terdapat pada mesin pencarian juga bisa di sebut sebagai backlink, karna backlink bertujuan untuk sebuah situs yang memberi rujukkan ke situs yang kita kelola.

Sebuah backlink bukan tanpa resiko, sebuah backlink juga bisa menimbulkan efek serta popularitas situs yang kita kelola menjadi jelek dalam hal reputasi, terutaman untuk yang mengunakan jasa submit backlink secara gratis, sofwer tertentu atau juga situs penyedia submit backlink secara gratis, sudah tentu hal yang di hasilkan akan terbilang tidak berkualitas, walaupun terdapat juga yang brkualitas akan tetapi hal tersebut jarang terjadi.

Dalam hal backlink juga terdapat situs rujukkan yang berkualitas atau pun tidak, jika sebuah situs yang memberi rujukkan ke situs yang kita kelola adalah sebuah situs besar, dengan reputasi yang baik sudah tentu hal ini juga akan menimbulkan popularitas yang baik situs yang kita kelola, begitu juga sebaliknya, jika situs yang memberikan rujukkan itu sebuah situs yang bisa di katakan tidak berkualitas maka akan ada efek juga yang bisa di timbulkan pada situs yang kita kelola.

LALU BAGAIMANA CARA MENGETAHUI JUMLAH BACKLINK

Seperti yang sebutkan sebelumnya, ada banyak situs penyedia cek backlink secara gratis akan tetapi tidak di ketahui seberapa akurat situs tersebut dalam mengecek situs yang kita kelola, termasuk alexa.

Kalian mungkin tau apa itu alexa, sebuah situs penyedia untuk mengecek peringkat pada sebuah situs, dan itu termasuk juga pada situs yang kita kelola, akan ada peringkat-peringkat tertentu yang bisa kita cek mengunakan alexa, dan pada alexa, di saat kita melakukan pengecekkan peringkat akan terdapat pula berapa banyak situs yang menautkan tautan ke situs yang kita kelola, akan tetapi juga tidak bisa di pastikan seberapa besar kemungkinan keakuratan tersebut.

Dan cara yang bisa saya yakini akurat, adalah dengan mengunakan alat dari google webmasters (search console), sebagai pengelola sebuah situs kalian pasti tau apa itu webmasters, dan pasti mengunakan layanan tersebut agar situs yang kita kelola bisa hadir di mesin pencarian google.
Pada akun webmasters yang kita gunakan juga terdapat fitur untuk mengecek berapa banyak jumlah backlink ke situs yang kita kelola, dan untuk keakuratan tersebut bisa saya pastikan akurat, dan bisa di lihat keakuratannya dengan berkurang atau bertambahnya dengan sendiri nama-nama situs yang memberikan rujukkan ke situs yang kita kelola, ini bisa kita simpulkan bahwa selalu ada pembaharuan pada situs kita, dan memberikan data secara akurat di akun webmasters kita.

Untuk cara mengecek seberapa banyak jumlah backlink ke situs yang kita kelola tidaklah sulit, kalian cukup masuk ke akun google webmasters kalian, lalu pilih situs yang akan di cek jumlah backlinknya.

Pada situs yang akan kita cek silahkan klik, bacaan Lalu Lintas Penelusuran lalu lanjutkan dengan memilih Tautan ke Situs Anda kurang lebih tampilannya seperti.


Seperti gambar di atas bisa kita lihat berapa banyak jumlah backlink ke situs yang kita kelola, dan gambar di atas saya ambil dari akun webmasters blog ini, karna domain blog ini masih terbilang baru saat saya menulis artikel ini, dan belum terdapat data untuk tautan ke situs anda pada lalu lintas penelususran.

Cara di atas adalah yang paling mudah dan bisa di katakan akurat, menurut saya, dan kalian para sabat ndaru blog juga bisa mencoba untuk melakukan pengecekkan tersebut secara langsung melalui cara di atas.
Jika di rasa kalian juga penasaran akan berapa banyak jumlah situs yang memberi rujukan ke situs yang kalian kelola.

Perlu di ketahui, sebelum kalian benar-benar bisa melihat jumlah tautan ke situs kalian, ada baiknya kalian mengingat terlebih dahulu sudah berapa lama usia dari situs yang kalian kelola, dan seperti yang kita ketahui statistic data yang akurat adalah sebuah situs yang tervrifikasi ke webmasters lebih kurang selama 90 hari, dalam artian usia situs kalian haruslah minimal memiliki usia lebih dari 3 bulanan.

Saya rasa tulisa di atas sudah cukup bisa di pahami oleh sobat semua, dan sekarang saatnya artikel ini saya cukupkan sampai di sini.

0 Response to "Cek backlink ke situs dengan mudah"

Post a Comment

Kami Telah Menandai Spam Pada Komentar Yang Memberikan Link Hidup.