Kelebihan dan kekurangan mengunakan blog gratisan

Zaman sekarang pasti kita sudah asing lagi untuk yang namanya dunia blogging, akan tetapi banyak dari sebagian mereka yang masih engan dalam mengunakan fasilitas Penyedia blog secara gratis dan banyak juga dari sebagian mereka yang mengunakan layanan berbayar, baik mengunakan hosting dan domain berbayar, namun dari yang mengunakan blog secara berbayar bisa kita pastikan, ada lebih banyak yang mengunakan situs penyedia blog builder secara gratis.


Ada banyak sekali penyedia blog builder yang memberikan akses penuh secara gratis dan cuma-cuma untuk kita, sebut saja yang paling banyak di gunakan, yaitu blogger dan wordpress, ada juga sebagian dari mereka yang mengunakan mywapblog yang sangat di khususkan untuk penguna yang ingin mengelola blog mereka mengunakan handphone (HP), dan seperti yang kita ketahui mengunakan blog secara gratisan dengan full service bukan berarti tanpa kekurangan walaupun terdapat juga kelebihan dari penyedia blog builder gratisan ini, maka dari itu semua artikel ini saya buat untuk berbagi hal yang saya rasakan mengunakan penyedia blog secara gratis, dan sangat kebetulan saya mengunakan blogspot jadi saya sedikit bisa berbagi kepada kalian yang berniat ingin membaca ini semua, berikut kelebihan dan kekurangan blog builder gratisan yang saya rasakan.

KELEBIHAN

Berbicara tentang kelebihan saya pastikan hal yang paling utama ialah gratis, jadi tanpa harus mengeluarkan banyak biaya dan kita siap untuk ngeblog, bermodalkan sebuah komputer dan paket data kita sudah bisa menulis beberapa artikel, dan dengan penuh harap artikel yang kita publikasikan bisa bermanfaat untuk banyak para pembacanya.
Yang walaupun kita tidak memiliki komputer atau juga laptop, kita bisa mengunakan mywapblog sebagai penyedia blog gratis dan mengelolanya dari sebuah handphone (hp), dan jika di paksakan ingin mengunakan blogspot dengan terpaksa kita main ke warnet.

Mengapa harus ke warnet???

Jawabannya simpel, karna blogspot sangat sulit untuk di kelola mengunakan sebuah handphone, walaupun bisa hanya type-type tertentu saja yang bisa mengoperasikannya, maka dari itu kita harus ke warnet untuk menulis artikel dan mengedit beberapa tampilan di blog yang kita kelola, jika masih ingin mengunakan sebuah handphone untuk menulis artikel gunakan fitur via email untuk mempublikasikan yang ada di dalam pikiran kalian, dan untuk mengupdate dan membuat alamat email blogger untuk blog yang ingin kita kelola juga harus lewat komputer atau laptop, yaitu sekalian kalian update di warnet tadi, sekalian mendaftarkan nama blog, buat email blogger blog kalian.

Ada sih cara yang sedikit praktis yaitu numpang di komputer atau laptop teman kalian, dan harus di ingat teman kalian harus yang memiliki modem untuk mengkoneksikan ke internet, maka dari itu pikirkan sejenak teman kalian yang memiliki komputer/laptop sekaligus memiliki modem.

Dan yang selanjutnya kelebihan dari penyedia blog gratisan ini adalah unlimitid traffic/bandwith dalam artian, kita tidak perlu lagi membayar untuk bandiwth karna telah di berikan secara unlimitid oleh pihak penyedia blog gratisan yang kita gunakan.

Selanjutnya tidak perlu keahlian khusus dalam mengelola blog kita, yang bisa kita kerjakan hanyalah membuat artikel, berbagi, dan bersosialisasi ke sesama blogger, tapi harus ada juga dikit-dikit keahlian khusus yaitu sedikit-sedikit kita harus mengerti bahasa html dasar untuk membuat artikel, namun di blogspot semua fitur telah siap untuk di gunakan.

Lalu kelebihan selanjutya yang saya rasakan adalah, artikel yang kita buat sangat cepat di indek oleh mesin pencarian terutama google, seperti yang kita ketahui blogspot adalah kepemilikan google jadi kita bisa dengan mudahnya untuk masuk ke mesin pencarian, namun kembali lagi pada kita sendiri seberapa pantas artikel yang kita buat untuk meju ke mata mesin pencarian, akan tetapi banyak juga yang menguanakan penyedia blog gratis lainnya juga ikut eksis meramaikan mesin pencarian, seperti blog dari wordpress dan mywapblog.

Dan yang saya pastikan untuk blogspot sendiri adalah, template yang full akses, kita bisa menambahkan javascript di mana pun yang kita inginkan, walaupun harus di farse terlebih dahulu, yang pasti javascript yang gunakan adalah dari pihak periklanan, jikapun kita tidak mengerti untuk mengedit bagian template html, kita bisa langsung menambahkan javascript tersebut melalui widget yang telah di sediakan oleh pihak blogger.

Masih ada lagi yang saya rasakan, yaitu fitur menulis artikel, yang saya rasa sangat gampang dan tidak perlu mengunakan tag html secara manual, semua telah komplit di sediakan.

Di atas hanya sedikit yang baru saya rasakan mengunakan blog di blogger ini, dan pastinya akan ada manfaat lainnya, dan berikut adalah kekurangan dari mengunakan blog secara gratisan.

KEKURANGAN

Sebagai penguna blog secara gratis dan bukan hak pribadi kita sudah tentu terdapat banyak peraturan yang harus kita taati, dan jika peraturan tersebut kita langgar sudah pasti blog kita akan di suspend atau juga di hapus, berbeda dengan mereka yang mengunakan blog secara berbayar semua akses adalah kepemilikian pribadi mereka, jadi bisa di artikan mereka bebas dalam mengelola blog yang mereka kelola.
Cara cepat kita berfikir, samakan saja kita menumpang rumah kepada orang lain, sudah tentu terdapat beberapa peraturan dan jika peraturan itu kita langgar pasti si pemilik rumah murka dan mengusir kita, begitu juga mereka yang menyewa rumah (blog berbayar) jika mereka di usir dari rumah yang mereka sewa, mungkin mereka tinggal katakan, kembalikan biaya sewa saya!!!

Bukan hanya mentaati peraturan, sebagian penyedia blog secara gratis akan terdapat beberapa iklan, dan untuk di blogspot dan wordpress tidak ada iklan sama sekali, namun untuk di mywapblog akan terdapat iklan dan mungkin juga terdapat iklan pada penyedia blog gratisan lainnya.

Walaupun kita bisa mengunakan code javascript secara bebas di blogspot namun juga terdapat beberapa larangan seperti iklan yang kita pasang, harus benar-benar sesuai dengan kebijakan dari penyedia tersebut, dan ada beberapa penyedia blog secara gratis bahkan tidak mensupport javascript sama sekali, sebut saja mywapblog, namun bukan berarti kita tidak bisa memasang iklan dengan kode javascript, semua itu bisa saja namun terdapat juga ketentuan-ketentuan dalam meletakkan iklan yang akan kita pasang, jika si pemilik blog tidak mengizinkan ya tidak bisa.
Dan hal ini berbeda dengan mereka yang mengunakan blog berbayar, mereka bebas memasang apa pun di blog yang mereka kelola, sekalipun javascript, iframe mereka bisa memasag kode tersebut sesuka mereka.

Dan yang terakhir adalah terkesan main-main dan tidak serius, bisa kita contohkan membagikan tautan atau alamat blog kita ke situs jejaring sosial media, dan jika ada yang melihat alamat blog kita, mungkin mereka bisa meremehkan kita seperti : akh tidak modal, atau sebagainya.
Pada hal walaupun kita mengunakan blog secara gratis bukan berarti kita tidak bermodalkan pikiran dan quoata untuk membuat artikel.
Berbeda dengan mereka yang membuat blog secara berbayar, jika alamat blognya di bagikan ke jejaring media, banyak orang yang mungkin bertanya kepada mereka, sewa hosting di mana??? dan sebagainya.

Seperti pada judul artikel ini kelebihan dan kekurangan mengunakan blog secara gratisan.

Namu perlu kita ketahui, ada faktor-faktor tersendiri mengapa banyaknya blogger yang mengunakan blog builder secara gratisan, dan ada juga yang memilih untuk mengeluarkan biaya dengan menyewa hosting dan domain untuk membangun sebuah blog dan membagikan artikel yang mereka buat.

Dan semua jawaban tersebut ada di benak kita masing-masing, termasuk saya yang mengunakan blogspot sebagai penyedia blog gratisan, dan faktor saya memilih untuk mengunakan blog secara gratis juga terdapat di benak saya, dan beberapa alasannya sudah saya tuliskan di atas sebagai kelebihannya.

Dan sampai di sini dulu isi artikel ini, wassalam.

0 Response to "Kelebihan dan kekurangan mengunakan blog gratisan"

Post a Comment

Kami Telah Menandai Spam Pada Komentar Yang Memberikan Link Hidup.