Pengertian iklan cpm pada blog dan wap

Seperti yang kita ketahui motenasi blog dengan iklan termasuk cara mendapatkan uang yang banyak di gunakan oleh sebagian para blogger di seluruh dunia, bukan hanya blogger, para wappr juga banyak yang memotenasi wapsite mereka dengan iklan baik itu iklan berupa cpc, cpa, cpl juga cpm.

Dan sesuai dengan judul artikel ini yaitu pengertian iklan cpm yang di pasang pada situs yang kita kelola, dan juga seperti yang kita ketahui para penyedia iklan dengan cpm banyak juga yang menambahkan fitur seperti cpc, cpl juga cpa namun bisa di simpulkan iklan dengan format cpm lebih bisa menghasilkan ketimbang yang lainnya.


Untuk kalian yang telah terbiasa dengan dunia blogging juga wapper pasti hal seperti juga sudah asing lagi di mata serta masuk topik pembahasan sesama teman kalian, namun di sisi lain banyak juga yang tidak mengerti akan hal ini dan menyalahi, mengkaliam, bahkan tidak segan-segan untuk menuliskan dengan tulisan scam, yang pada dasarnya banyak dari mereka yang kurang begitu mengerti cara kerjannya.

Dan sedikit kita uraikan untuk pola dan cara kerja memasang iklan berbasis cpm di situs yang kalian kelola, baik itu sebuah blog atau juga wap/website.

CARA KERJA IKLAN CPM

kalian mungkin sudah tau akan singkatan dari cpm, yaitu cose per million, dan dalam artian kita di bayar saat jumlah tayang iklan sebanyak 1000 X tayang, namun tayang yang di maksudkan bukalah 1 pengunjung yang bermain di situs kita, akan tetapi jumlah unik pengunjung atau Uniq Vissitor (UV), jadi jika ada 1 pengunjung yang main di situs kita walaupun jumlah tayang tersebut hingga lebih dari 1000 X tayang dengan 1 pengunjung tersebut, kalian tidak akan mendapatkan bayaran apapun, karna yang terhitung hanyalah 1 pengunjung saja.

Pada banyaj ulasan uniq vissitor ini sangat banyak di hasilkan dari pengunjung yang mengunjungi situs kalian dengan perantara (referer) dan perantara yang akan sangat besar hitungannya yaitu melalui mesin pencarian, semakin banyak jumlah kunjungan melalui mesin pencarian kemungkinan semakin besar juga jumlah tayang yang akan di hasilkan, dan besar kecilnya bayaran atas tampilnya iklan tersebut bisa di lihat dari negara asal pengunjung situs kalian, sebagian besar negara yang berpotensi besar penghasilan dari jumlah tayang adalah negara premium dan negara premium tersebut kembali lagi dari situs penyedianya, atau situs tempat iklan cpm yang kalian ikuti tadi, dan sebagian situs periklanan membayaran besar harga tayang iklan untuk negara seperti Canada (CA), Unitid Stated (US) dan Unitid Kingdom (UK), namun seperti yang saya tuliskan sebelumnya besar kecil harga dari tayang pengunjung kembali lagi ke pihak penyedia iklan yang kalian ikuti tadi.

Bisa saya contohkan sebuah periklana berbasis mobile, sebut saja buzzcity pada situs cpc ini juga mendukung iklan berbasis cpm, dan buzzcity membayar besar harga click dan tayang untuk negara South Africa, jadi jelas sudah seperti yang saya sebutkan di atas, mahalnya harga tayang dari sebuah negara tertentu kembali lagi pada situs penyedia iklan tersebut.

Inti kerja iklan cpm yang kalian pasang pada situs yang kalian kelola semuanya kembali lagi ke pengunjung, bukan hanya peiklanan yang menyediakan iklan cpm hampir semua situs periklanan kembali lagi pada pengunjung di situs kalian, semakin banyak pengunjung maka semakin besar juga yang bisa kalian hasilkan, jadi untuk mengikuti sebuah program periklanan kalian tidak perlu pusing memikirkan hal tersebut, ada baiknya kalian teliti terlebih dahulu situs yang kalian kelola, sudah layak atau belum untuk di pasang beberapa banner iklan, layak yang saya maksudkan adalah seberapa banyak kunjungan di situs kalian dalam 1 hari, jangan sampai kalian juga akan berpendapat tanpa penghasilan memasang iklan di situs yang kalian kelola, yang pada dasarnya memang situs kalian belum mendukung untuk itu semua.

Dan ada lagi yang menurut saya tidak masuk akal, yaitu masalah pembayaran, saya sering membaca beberapa status yang lewat di beranda akun facebook yang biasa saya gunakan untuk bersosialisasi kepada teman-teman saya, dan sering melihat lebih kurang isi dari status tersebut seperti ini :
Setiap akhir bulan bukan bayaran yang di terima, yang ada saldo hilang.
Ketika membaca hal yang seperti ini saya sering tersenyum sendiri, bagi saya ini hanyalah kekonyolan semata, yang bisa saya simpulkan dari pikiran si pembuat status tersebut adalah saldonya hilang saat akhir bulan, jelas ini lucu.
Terlebih jika situs periklanan yang ia ikuti juga saya ikuti, sebenarnya bukanlah saldonya yang hilan akan tetapi batas pembayaran yang belum mencukupi, jadi singkatnya seperti ini :
Sebuah situs periklanan yang membayar jika saldo mencukupi, misalkan $10 lalu memasuki akhir bulan untuk pembayaran, saldo dari akun mereka belum cukup $10 sebut saja $5, sudah pasti hal itu belum akan di bayarkan melainkan masih menunggu batas saldo mereka cukup, untuk saldo yang hilang setiap awal bulan, itu bukanlah hilang melainkan laporan bulan lalu di ganti dengan bulan yang baru, jika di cek jelas tidak ada laporan karna yang di cek laporan bulan baru dan untuk pembayaran berikutnya sudah pasti jika saldo akun mereka mencukupi akan di akumulasikan dari pembayaran bulan lali yang tertunda.
Nah dari sedikit kutipan di atas jelas sudah, saldo tersebut bukan hilang melainkan menunggu tercukupinya saldo tersebut, untuk pembayaran yang di dapatkan dalam bulan lama dan baru akan di jadikan satu dan di bayar sekaligus.

ADAKAH RESIKO MEMASANG IKLAN

Sebenarnya ada juga bebarapa resiko dalam memasang iklan pada situs yang kita kelola, namun kembali lagi kepada kita, untuk memilih situs periklanan yang tidak akan memberikan resiko di situs yang kita kelola.

Pada banyak situs penyedia iklan cpm, yang benar-benar berfokus pada format iklan cpm biasanya mereka tidak akan memperpudikan situs yang kalian kelola akan hancur, ataupun memiliki resiko pada situs penyedia lainnya, dalam banyak kasus banner iklan juga banyak mengandung malware, atau juga direc link, popup, popunder juga gambar-gambar banner yang dapat menyesatkan situs yang kalian kelola, berikut beberapa jenis iklan yang beresiko untuk situs yang kalian kelola.

Popup, PopUnder
Kalian pasti tau jenis iklan ini, yaitu ketika sebuah pengunjung di situs kalian mengklik link apa saja yang terdapat di halaman yang di pasang iklan berjenis ini akan terpental ke situs lain, jika pengunjung tersebut mengunakan perangkat desktop maka akan terbukannya windows baru, bisa tab baru, atau juga membuka browser baru, bukan hanya untuk penguna yang mengakses situs kalian mengunakan desktop, untuk pengunjung mengunakan sebuah handphone sekalipun akan ikut terpental ke situs lain, dalam artian pengunjung yang iklan menuju ke halaman lain pada situs kalian akan secara paksa di alihkan ke situs lain.

Sudah tentu hal ini sangat menganggu kenyamanan di situs kalian, atau mungkin pengunjung tersebut akan kapok mengunjung situs yang kalian kelola, seketika ia melakukan search pada mesin pencarian dan melihat alamat situs kalian pasti terselip di pikiran penguna tersebut akan teralihkan lagi dan menjadi malas untuk mengunjungi situs kalian.

Redirejct Link
Ini juga salah satu yang dapat mnyesatkan sekali untuk pengunjung di situs kalian, betapa tidak, saat mengunjungi halaman di situs kalian saja mereka akan langsung di alihakan ke situs lain, tanpa perlu mereka mengklik layaknya popup dan popunder, jika popup dan popunder mengharuskan mereka mengklik apa pun pada laman situs kalian sebelum akhirnya di alihakan atau terbukannya windows baru, redirejct link lebih sadis lagi, yaitu tanpa perlu kalian mengklik sebuah link yang terdapat di laman kalian, untuk mengunjungi situs kalian saja penguna tersebut bisa langsung di alihkan, jadi jenis iklan ini sangat beresiko untuk pengunjung di situs kalian atau bahkan kalian akan kehilangan banyak pengunjung.

FullPage Banner
Selain beberapa jenis iklan di atas, jenis ini juga sangat menganggu untuk pengunjung situs kalian, di mana saat pengunjung situs kalian membuka sebuah halaman maka mereka akan melihat sebuah banner yang bahkan menutupi halaman situs kalian dengan banner iklan tersebut, untuk pengunjung yang awam tentulah mereka akan pergi atau mengklik banner tersebut dan meninggalkan halaman dari situs kalian.
Pada iklan jenis ini terkadang menyediakan tombol kecil seperti Clouse atau tanda X untuk menghilangkan FullPage banner tersebut namun banyak juga yang pada saat X clouse di klik malah popup yang langsung muncul.

LayerAds
Jenis ini juga sangat menganggu terlebih untuk pengunjung yang mengunakan browser full support javascript seperti koputer atau juga laptop, kemanapun mouse di arahkan banner iklan yang melayang tersebut akan mengukuti arah mouse, hal ini sangatlah menjengkelkan sekali.

Intertial
Iklan jenis ini juga sangat menganggu untuk pengunjung situs kalian, betapa tidak pada saat mngakses sebuah halaman terkadag mereka di hadapkan dengan banner kecil yang menyediakan pilihan Oke atau Batal, untuk yang awam dalam hal ini pasti mereka mereka tidak sama sekali mengerti bahkan mungkin mngklik oke, dan hasilnya mereka akan pergi dan meninggalkan halaman situs kalian.

Jenis-jenis iklan di atas sangat beresiko untuk situs yang kalian kelola, resiko terbesar yang bisa kalian terima adalah kehilangan sebagian atau keseluruhan pengunjung di situs kalian, sekalipun situs kalian memiliki pengunjung yang banyak, cepat atau lambatnya akan di tinggalkan oleh pengunjung setia situs kalian, dan pergi ke situs penyedia konte yang sama dengan situs yang kalian kelola.
Pada zaman sekarang persaingan dalam hal konten apapun pada sebuah situs ada banyak sekali, apa pun bentuk situs yang kita kelola pasti terdapat banyak situs yang mnyediakan konten yang sama, jadi berhati-hatilah dalam memilih jenis iklan untuk di pasang ke situs yang kalian kelola.

APAKAH IKLAN JENIS BANNER BIASA JUGA BERESIKO

Tentu ada yang beresiko dalam hal pihak ke 3, sebagai penyedia iklan yang kita pasang pada situs yang kita kelola mereka bisa kita sebutkan pihak ke 3 penyedia konten di halaman yang kita pasang code iklan situs tersebut.

Sebuah banner iklan bisa dapat bermanfaat pada situs yang kita kelola, namun juga bisa tidak bermanfaat sama sekali di situs yang kita kelola.
Juga terdapat beberapa masalah keamanan yang bisa di timbulkan dengan memasang banner iklan di situs yang kita kelola, juga bisa jadi banner yang kita pasang tersebut mengandung sebuah malware yang tidak kita ketahui, dan jika ini terjadi sebagian browser sebut saja mozzila akan memberikan peringatan bahwa situs yang akan di kunjungi termasuk situs yang berbahaya, jadi sebagai penguna yang awam pastilah mereka akan brfikir kembali saat akan mengakses situs kalian, atau bahkan tidak di kunjungi sama sekali.

Bukan hanya malware yang bisa di timbulkan, akan tetapi terkadang gambar-gambar yang di pasang pada situs yang kelola juga tidak sesuai dengan isi konten dari situs yang kita kelola, tak jarang gambar-gambar yang di tampilkan di situs yang kita kelola juga bisa dapat menyesatkan untuk pengunjung situs yang kita kelola.

Jadi semua jenis yang di dukung oleh pihak ke 3 semua bisa beresiko pada situs yang kita kelola, apa pun bentuknya pasti akan menimbulkan resiko.
Untuk mengantisifasi semua hal tersebut kembali lagi kepada  kita sendiri sebagai pengelola situs, berikut beberapa cara untuk mengurangi semua hal tersebut bisa terjadi.

TIPS AMAN MEMASANG IKLAN CPM PADA SITUS

Melihat lebih detail
Sebelum kalian memotenasikan situs kalian ke pihak periklana, ada baiknya kalian melihat terlebih dahulu situs penyedia periklana tersebut, jika kalian kurang memahaminya, tanyalah ke teman kalian yang lebih dahulu pernah mengikuti program seperti ini, dengan begini kalian akan mendapatkan informasi lebih detail lagi akan sebuah situs yang akan kalian motenasikan ke situs kalian.

Memilih jenis iklan
Seperti yang telah saya sebutkan di atas terdapat beberapa jenis iklan yang biasanya di sediakan oleh pihak penyedia program cpm, seperti cpc, cpa juga cpl dan dari ke semua itu terdapat format iklan, nah dari format dan jenis iklan itulah yang harus kalian ketahui lebih dulu, jika kalian kurang memahami hal tersebut tanyakanlah terlebih dahulu pada teman kalian.

Jangan mudah percaya
Mengapa saya menuliskan jangan mudah percaya???
Seperti yang kita ketahui untuk mendapatkan informasi-informasi banyak hal sudah pasti kita melakukan search di mesin pencarian atau bertanya-tanya kepada teman baik itu melalui situs jejaring atau juga melalui obrolan secara langsung, perlu kita ketahui pada banyak penyedia program seperti ini juga terdapat fitur refreal dalam artian kita akan mendapatkan penghasilan tanbahan jika berhasil merekomendasikan seseorang untuk mendaftar di sebuah situs yang ia rekomendasikan, terkadang hal seperti ini justru di manfaatkan oleh sebagian banyak orang, tak jarang setelah mendaftar dan mengikuti program tersebut kita menjadi menyesal setelah sekian bulan mengikuti program tersebut bukan hasil yang kita dapatkan melainkan kehancuran atau mungkin tanpa hasil sama sekali, dan ini banyak terjadi.
Jika kalian membaca beberapa artikel jangan terburu-buru percaya baik itu melalui screenshot yang di pamerkan, atau juga bersifat tulisan yang mengiurkan, pada banyak yang terjadi sebuah artikel juga bisa menyesatkan kalian, karna si pembuat artikel bukanlah berniat untuk berbagi informasi yang akurat melainkan hanya ingin mencari penambahan refreal saja, ini sangat banyak sekali terjadi, hampir setiap artikel yang memuat isi tentang periklan pasti menyelipkan link-link refreal mereka, dan jika bukan karna link tersebut mungkin mereka tidak akan membuat artikel tersebut, jika ada pun sebuah artikel yang membagikan informasi yang akurat itu sangat jarang kita jumpai, walaupun jarang kita jumpai pasti masih banyak para blogger yang membagikan artikel dengan 100% keakuratan informasi adan tutorial yang ia buat,dan sebagai saran dari saya jika kalian membaca sebuah artikel yang kalian bisa yakini keakuratannya cobalah untuk berdiskusi singkat dari yang membagikan artikel tersebut pasti kalian akan menadaptkan informasi yang lebih detail lagi akan hal tersebut.

Gunakan dan Tempatkan banner dengan sesuai
Jika kalian telah mendapati sebuah situs periklanan yang telah kalian anggap sesuai dengan kriteria situs yang kalian kelola, mungkin kalian harus lebih bijak lagi dalam menempatkan banner-bannr iklan pada situs kalian, ingatlah banner yang terpasang pada situs kalian akan menambah beratnya loading halaman kalian, jika 1 halaman kalian telah memuat 50KB data, dan di tambah 1 banner dengan load 10KB jadi halaman kalian akan bertambah menjadi 60KB per loadnya jadi semakin banyak banner yang kalian pasang akan semakin berat juga sebuah halaman yang kalian pasangi iklan tersebut, jadi coba lah untuk bijak menempatkan beberapa iklan di situs kalian.

Jangan berlaku curang
Curang yang saya maksudkan di sini adalah, kalian tidak perlu membuang-buang waktu kalian untuk melakukan kecurangan pada iklan yang telah kalian pasang pada situs kalian, seperti mengklik sendiri banner-banner tersebut dan sebagainya.

Nah uraian di atas bisa kalian tela'ah sendiri maksud dan tujuannya, jadi sebuah situs yang kita kelola, sebisa mungkin untuk kita mempertahankannya bahkan bertahun-tahun situs kita usahakan agar terus aktif, dan kita bisa terus membagikan hal-hal yang bermanfaat bagi penguna internet dan bukan malah sebaliknya.

Saya rasa sudah cukup pembahasan singkat ini, dan artikel ini saya cukupkan sampai di sini, semogga bermanfaat.

1 Response to "Pengertian iklan cpm pada blog dan wap"

  1. lengkap bener mas infonya, trims sdh berbagi..
    mampir ke blog saya mas https://beken.id

    ReplyDelete

Kami Telah Menandai Spam Pada Komentar Yang Memberikan Link Hidup.