Kenali fungsi dan fitur facebook dengan benar

Bermain dan aktif di facebook sangatlah menyenangkan, akan tetapi banyak dari penguna Facebook salah kaprah mengunakan media situs jejaring yang satu ini, dan sebelum mengunakan situs jejaring ini ada baiknya terlebih dahulu teman-teman mengenali fungsi dan fitur facebook dengan baik jika telah mengenali hal ini dengan semestinya sudah tentu keinginan untuk berbagi dan bersosialisasi pun akan terlihat akrab dan baik.

Sedikit kita bercermin ada banyak kesalahan para penguna jejaring sosial yang satu ini, mungkin faktor kesalahan dari orang tua lah yang ikut berperan dalam hal ini, untuk mengawasi agar anak yang tadinya manja kepada orang tua jadi acuh dan sangat meyukai gadget.


Untuk itu buat teman-teman yang sangat suka bermain interagsi dengan teman kalian melalui media jejaring sosial tidak ada salahnya untuk memahami sedikit fungsi dan mengunakan jejaring sosial dengan baik dan benar.

Berikut beberapa hal yang banyak sekali memicu kesalahan dalam mengunakan akun media sosial dalam kehidupan dan perkembangan jaman sekarang, silahkan kenali fitur facebook terlebih dahulu.

LIKE

Ada banyak sekali para pengemar like atau sukai pada status yang mereka buat, akan tetapi salah like juga bisa menyebabkan pertemanan kalian di batalkan atau juga di blokir.

Untuk sebagian orang yang telah mengenali cara mengunakan facebook dengan benar pasti mereka akan bisa menempatkan semuanya dengan benar, seperti halnya facebook, sedikit saya contohkan dengan status yang nantinya bisa kalian pikirkan saat ada status yang lewat di beranda kalian, misalkan ini status :
Senangnya hari ini bisa makan bareng keluarga.
Jika status di atas mewakili perasaan pemilik akun itu yang sesungguhnya sebagai teman pasti kita menyukai bahwa teman kita lagi bahagia, setidaknya saat senang merundung hati teman kalian.
Adapun sebaliknya seperti ini :
Yaa allah perut ku sakit sekali
Jika benar status yang di buat teman kalian mewakili perasaan yang sesungguhnya, sudah tentu mereka akan jengkel jika di like/sukai, sebagai teman berarti kalian menyukai teman kalian merintih sakit perut, terlebih jika perasaan tersebut di rundung pilu tentang penyakit, patah hati, dan lain sebagainya yang mungkin tidak baik untuk di sukai, maka dari ini baca dan tela'ah baik-baik status yang kalian lihat sebelum kalian menyukai status tersebut.

HORMATI TEMAN KALIAN
Menghormati teman bukan hanya di dunia nyata, di dunia maya sekalipun ada baiknya kalian menghormati teman kalian, pada like/sukai yang di berikan oleh teman kalian sudilah kiranya memberikan tanda suka pada status yang ia buat tentunya kalian harus masuk ke kronologi/profil teman facebook kalian untuk memilih status yang mana baik untuk di beri tanda suka oleh kalian.

Jika di atas kita telah membahas tentang menyukai status, sekarag ada baiknya kita membahas status yang baik untuk di bagikan.

STATUS

Di facebook memang terdapat fitur untk membagikan apa yang sedang kalian pikirkan, juga ini biasanya mewakili dari perasaan yang sedang terjadi, akan tetapi ada baiknya berpikir sejenak sebelum membagikan apa yang ada dalam pikiran kalian, belum tentu apa yang kalian pikirkan dan rasakan jika di bagikan ke facebook itu baik untuk harga diri di dunia nyata kalian, tak jarang juga banyak status yang bisa menyinggung perasaan bagi si pembaca, teman di facebook itu pasti banyak juga yang mengenali kalian secara dunia nyata jadi berikirlah sejenak untuk membagikan sesuatu.

Jangan menimbukan kebencian dari status yang kalian buat, seperti yang saya contohkan di atas berpikir baik terlebih dahulu sebelum membagikan sesuatu.
Sebagai penguna facebook saya juga sering melihat status yang lewat di beranda saya semerawutan, tanpa di pikir terlebih dahulu oleh sang pemilik akun tersebut.

Jangan membagikan status di saat kalian sedang patah hati, putus dari kekasih dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kekasih.
Hal ini hanya akan membuat kalian bertambah sakit hati lagi, terlebih jika ada salah satu akun facebook yang tidak kalian sadari adalah seorang kriminal, harus di waspadai seseorang yang memiliki niat jahat sudah pasti orang tersebut akan memanfaatkan situasi terlebih jika kalian seorang perempuan tentu akan merugikan untuk kalian dari segi perasaan.

KOMENTAR

Jika kita telah membahas untuk status terasa kurang jika kita tidak membahas tentang komentar.
Untuk komentar pada status yang di bagikan banyak saya jumpai pada akun facebook, hampir setiap membuka facebook pasti akan terlihat komentar yang banyak pada sebuah status.

Silahkan kenali fungsi komentar terlebih dahulu sebelum membalas komentar dari apa yang kalian bagikan, sebenarnya fungsi komentar ini bukanlah untuk saling berbalas-balasan komentar layaknya chatting di pesan/inbox.

Di komentar si pemilik status atau apa yang di bagikan lalu di komentari oleh akun lain tidaklah untuk di balas, melainkan untuk di sukai jika kalian terimakasih atas komentar tersebut dan abaikan jika kalian tidak menghargai komentar tersebut, sedikit saya contohkan pada status :
Aduh kehujanan, mana payung tidak punya.
Lalu ada yang mengomentari :
Ya cari tempat berteduh dulu.
Atau ada yang lebih sadis mengomentari seperti ini :
Rasain kamu sudah tau hari mendung masih berpergian.
Atau sekalipun si pembuat status atau apa yang ia bagikan lalu terdapat komentar baik yang menyenangkan atau juga yang menghina, menyakitkan si pemilik status tidaklah berhak untuk marah sekali pun, perlu di sadari jika tidak ingin di komentari dengan tulisan tidak enak di baca silahkan abaikan atau hapus komentar tersebut, salahkan diri anda sendiri membagikan hal tersebut.
Dan yang bisa kalian lakukan hanya menyukai jika kalian menghargai komentar tersebut atau abaikan saja, jika ada yang berbalas-balasan komentar jelas ini salah kaprah, terlebih jika sampai curhat, dan pernah saya jumpai ada akun facebook yang membagikan nomer hp di kolom komentar.

FOTO DAN VIDEO

Facebook memang mengizinkan kita mengupload sebanyak mungkin file berupa video atau juga foto, namun bukan tanpa artian dan rasa senang saja dengan apa yang di bagikan tersebut.

Jika kalian membagikan foto sebaiknya kalian berpikir terlebih dahulu, sama halnya dengan status, sebelum membagikan berpikirlah sejenak pantas atau tidaknya foto tersebut kalian bagikan, jangan sampai hal yang kalian bagikan bisa merusak harga diri kalian di dunia nyata.

Pelajari akan privacy yang kalian bagikan, jika kalian menyadari tentu kalia tidak akan membagikan foto kalian ke publik setidaknya hanya teman dan atau hanya saya lalu mendandai beberapa teman kalian untuk melihat foto yang kalian upload tadi.

Perlu di sadari foto yang kalian upload bisa di gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertangung, sedikit saya contohkan, maraknya praktek prostitusi online dengan memajang banyak contoh perempuan, jika kalian seorang perempuan beraparas cantik bisa jadi foto kalian di ambil lalu di pajang oleh pihak tertentu.
Bukan hanya itu seorang yang akan memanfaatkan keadaan, bisa saja foto yang kalian upload sekian banyak dan di ambil satu per satu lalu di buatlah sebuah akun facebook palsu dengan tujuan yang tidak baik, secara tidak langsung kalian telah di rugikan, terlebih jika hal ini berujung di kehidupan dunia nyata kalian, sudah pasti kalian sangat di rugikan.

Maka dari itu lah pihak facebook menyediakan privacy untuk keamanan kalian jangan sampai menimbulkan hal yang berdampak tidak baik akan kehidupan kalian.

VIDEO

Begitu juga video kalian bisa mengalami hal yang tidak di inginkan dari video yang kalian upload secara di bagikan ke pulik, sedikit saya contohkan, seorang penipu dengan niat yang tidak baik bisa jadi orang tersebut mengambil semua data termasuk video yang kalian upload lalu mengupload kembali ke akun facebook palsu yang ia buat, sebagai sarana untuk meyakinkan calon-calon yang akan ia tipu sangat tragis bukan.

PERMINTAAN PERTEMANAN

Jika kalian seorang perempuan terutama kalian yang merasa berparas cantik, pasti kalian bisa melihat banyaknya permintaan pertemanan yang pastinya akan ada banyak permintaan dari akun facebook laki-laki.
Hal ini tentu akan merepotkan kalian, terlebih jika kalian mengompirmasi setiap permintaan perteman, mari kita pikirkan dari 1000 saja pertemanan di akun facebook belum tentu kalian kenal secara nyata si pemiliknya apa lagi sampai terdapat 5000an teman.
Kesulitan itu akan kalian rasakan jika ada seseorang yang kalian kenali secara dunia nyata mengajak kalian berteman di facebook karna limit perteman di facebook hanya 5000 akun saja.

Dari sekian banyak akun facebook yang terdapat pada akun kalian bisa kita pastikan terdapat salah satu atau lebih pemilik akun yang memiliki niat yang tidak baik.
Kita ambil resiko kecil seorang hacker, seorang hacker dengan leluasa saja mempelajari akun facebook kalian karna sudah berteman dengan akun facebook kalian, jadi secara privacy kalian bisa sangat mudah untuk di dapatkan.

CHATTIG, INBOX, PESAN

Di facebook kita bisa mengirimkan pesan secara pribadi ke teman kita, akan tetapi tak jarang fitur ini banyak di salahkan oleh pihak-pihak tertentu, mari kita ambil sdikit kutipan dari pertemanan, jika kita memiliki banyak teman pasti akan ada banyak pesan yang masuk/terima terlebih jika kalian perempuan pasti akan ada banyak akun laki-laki yang mengirimkan pesan walaupun hanya sekedar ingin berkenalan.

Akan tetapi perlu di sadari semua itu belum tentu memiliki niat yang baik, namun ada baiknya kalian menghormati agar tidak menimbulkan dendam.
Menghormati dan menghargai yang saya maksudkan di sini adalah, jika kalian mendapati pesan masuk dari sebuah akun facebook laki-laki entah itu dengan isi apa, terkadang banyak yang mengabaikan pesan tersebut, padahal pesan tersebut di buka atau tidak si pengirim pesan tersebut bisa mengetahuinya jadi jika lama-kelamaan pasti akan menimbulkan dendam seperti terdapatlah kata-kata yang kasar, atau lain sebagainya.
Akan tetapi apa jadinya jika yang menanamkan rasa dendam tersebut seorang hacker profesional, sudah tentu akun kalian terget berikutnya.

Jadi kalian bisa menghormati hal itu dengan cara membalas pesan tersebut dengan kata-kata yang sopan seperti :
Maaf kita tidak saling mengenal jadi tolong hargai saya, dan jangan balas pesan ini sekali lagi maaf.
Jika orang tersebut tetap ngotot untuk membalas, terlebih jika merayu lebih baik hapus pertemanan atau blokrlah akun tersebut, karna anda sudah menghormatinya, sebaliknya orang tersebut tidak bisa menghargai anda jadi untuk apa lagi di tuntut untuk berteman.

PESAN DINDING

Biasanya pesan dinding ini banyak yang menulis di saat kita ulang tahun, namun ini cukup sedikit fungsinya yaitu ini tempat kalian meninggalkan pesan kepada teman kalian seperti :
Brow nanti kumpul di rumahku ya.
Namun ada fitur chatting yang lebih simple dari pesan dinding, pada pesan dinding kalian hanya bisa untuk sekadar mengingatkan teman kalian saja selebihnya tidak ada fitur khusus pada pesan dinding ini.

TAUTAN SITUS

Pasti kalian kalian pernah melihat tautan yang lewat di beranda kalian, tautan ini terkadang membawa informasi yang sangat bisa membantu kalian, juga bisa membawa akun facebook kalian ke serangan hacker sebagai contoh :

SITUS PHISING
Untuk kalian yang belum mengetahui situs phising ini yang seperti apa sedikit akan saya beri gambaran atau contoh yang nantinya bisa kalian sadari seperti yang saya maksudkan.

Situs phising terutama untuk facebook biasanya jika kalian klik lalu akan tampil seperti halaman login facebook dan meminta kalian mengisikan e-mail dan kata sandi, layaknya seperti halaman facebook mirip dan hampir sama persis dengan halaman login facebook kalian hanya bisa membedakan dari alamat situs tersebut saja, jika kalian melihat halaman login yang sengaja di bagikan orang terlebih jika melalui pesan pribadi dan di lihat situs tersebut sangat mirip dengan halaman login facebook silahkan kalian cek alamatnya, karna facebook hanya akan memberikan alamat seperti :

www.facebook.com
m.facebook.com
x.facebook.com

Intinya ada pada alamat awalnya seperti facebook.com jika halaman tersebut menyerupa halaman login facebook namun alamat situsnya berbeda jangan sekali-kali kalian mengisikan e-mail dan sandi akun kalian.

Untuk tautan yang bermanfaat kalian bisa mengklik jika tautan tersebut berisi artikel mungkin kalian bisa membaca beberapa artikel yang menarik.

HAL YANG BANYAK DI BENCI

hal yang paling banyak di benci namun biasanya jarang di sadari oleh pemilik akun facebook yang bersangkutan adalah :

berbalas-balasan komentar
menyukai banyak status
banyak membagikan hal yang tidak bermanfaat

Perlu kalian ketahui berbalas-balasan komentar dan terlalu banyak menyukai sembarangan status bisa menyebabkan akun facebook kalian di batalkan pertemanan atau tidak lagi di ikuti oleh beberapa aku facebook terlebih jika di tambah dengan membagikan hal yang ada manfaatnya sama sekali.

Harus kalian sadari tidak semua orang mengunakan facebook itu membuang waktunya hanya untuk hal yang sia-sia sebaliknya ada akun facebook yang benar-benar mengunakan facebook pada tempatnya seprti :
mencari informasi, berbagi pengalaman, berdiskusi hal yang penting dan sebagainya.

Jadi jika kalian terlalu banyak menyukai status, foto, berbalas-balasan komentar, membagikan hal yang tidak bermanfaat, akan membanjiri beranda teman kalian jadi secara tidak langsung kalian telah menutupi sebagaian status yang bermanfaat untuk orang tersebut,
Hal ini lah yang biasa nya sangat banyak tidak di sukai oleh para penguna situs jejaring sosial media facebook ini.

Nah sampai di sini dulu saya berbagi akan fungsi yang baik mengunakan situs jejaring facebook, semogga bermanfaat.

0 Response to "Kenali fungsi dan fitur facebook dengan benar"

Post a Comment

Kami Telah Menandai Spam Pada Komentar Yang Memberikan Link Hidup.