Bentuk Ayam Bangkok Terbaik untuk aduan


Memilih ayam bangkok yang super dan bagus bukanlah suatu hal yang mudah, namun bisa dikatakan gampang-gampang sulit.

Karena itu sebelum membeli ayam bangkok yang baik dan berkualitas, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu ciri dari fisik ayam jawara, yang rata-rata selalu unggul di arena.

Ciri Ayam Bangkok Jawara

Kepala besar dan berbentuk bulat panjang
Ayam seperti ini, lebih tahan terhadap pukulan dan pintar juga sulit untuk dipukul, bila kepalanya berbentuk terlalu bulat biasanya ayam cenderung bodoh dan mudah dipukul, jika membalas pukulan asal mukul tanpa memperhatikan pukulan lawannya.

Pada bagian kelopak mata terlihat dalam, sehingga mata dapat terlindung dari pukulan lawan dan bagian mata harus jernih dan tidak ada bercak hitam semakin kecil bintik hitam di matanya menandakan ayam tersebut memiliki mental yang bagus dan lebih sensitif terhadap gerakan lawan.

Jengger tebal
Jengger semakin kebelakang semakin tinggi dan semakin tebal merupakan ciri ayam yang memiliki mental yang baik, bila jengger terlihat tebal di depan dan semakin kecil kebelakang merupakan ciri ayam bermental buruk, biasanya ayam seperti ini tidak tahan rasa sakit

Paruh melengkung 
Paruh ayam seperti ini, cenderung memiliki paruh yang kuat, dan tidak mudah patah.
Sehingga dapat dengan mudah mematok dan mengapit lawan dan memberikan pukulan yang tepat mengenai sasaran.

Leher berbentuk huruf  R
Fungsi ayam seperti ini, memudahkan ayam melakukan kontrol yang baik, dan tidak mudah terkena pukulan sehingga dapat dengan mudah melakukan penguncian ke leher lawan.

Bagian dada tegak
Bagian dada yang lebih besar bila dibandingkan dengan bagian belakang sehingga mudah menelak pukulan lawan, sebaliknya bila bagian belakang lebih besar maka ayam akan kesulitan dalam memberi pukulan lawan dan pukulan ayam tersebut cenderung kurang bagus.

Sayap rapat
Usahakan memilih ayam dengan dengan sayap panjang dan sayap tidak turun kebawah, karena sayap seperti ini  memiliki kontrol yang bagus sekaligus dapat melindungi tubuh dari pukulan lawan, bagian tulang sayap bila diraba terasa tebal dan terasa melawan saat sayapnya ditarik sehingga tidak mudah disayap oleh lawan.

Tulang dada terasa tebal saat diraba
Cobalah raba bagian dada ayam, jika terasa tebal merupakan ayam yang memiliki nafas yang baik jika dibandingkan dengan ayam bertulang dada lebih pendek, dan tulang dada yang tebal menguntungkan ayam untuk lebih tahan terhadap pukulan lawan.

Pangkal ekor yang besar, keras, dan rapat
Cara mengetahuinya, dengan meraba bagian sambungan pangkal ekor dan badan, semakin rapat sambungan antara pangkal ekor dan badan akan membantu keseimbangan ayam.
Bagian ekor kuncup lurus memanjang dan mengarah kebawah, merupakan ayam yang mampu bergerak cepat dan lincah bila dibandingkan dengan ekor yang seperti kipas atau ekor ayam kalkun.

Paha berbentuk gepeng dan tidak bulat
Bila dilihat dari samping kelihatan lebih lebar bila dibandingkan dengan tampak bagian depan, keunggulan ayam seperti ini, gerakan kaki ayam lebih baik dan leluasa dalam melakukan gerakan.

Kaki memiliki Siku
Semakin tengkuk kaki tersebut, akan semakin bagus, ayam yang memiliki daya dorong lompatan dan pukulan yang kuat untuk menjatuhkan ayam lawan.
Bagian kaki besarnya seimbang dengan ukuran badan, tidak terlalu besar, dan tidak juga terlalu kecil, memiliki jalu dengan ukuran seimbang antara kanan dan kiri, posisi jalu usahakan sejajar dengan jari kaki bagian belakang, bila ayam pukul pilih jalu double dengan tonjolan jalu yang tampak besar walaupun tidak panjang, kaki boleh berbentuk bulat ataupun blimbing  yang penting kering dan keras.
Bila ayam diangkat maka posisi kaki dan jari jatuh kebawah dan tegang, pilih sisik kaki yang mempunyai alur rapi atau sebaliknya, yang terbaik bila pada sisik kaki ayam terdapat sisik melingkar tepat dibalik jalu dinamakan.

Demikian cara melihat, dan memilih ayam bangkok bila memilih dan melihat melalui bentuk tubuh dan untuk melihat lebih detail lagi tentang kaki ayam bangkok silahkan baca artikel ini Memilih Ayam Bangkok Aduan

0 Response to "Bentuk Ayam Bangkok Terbaik untuk aduan"

Post a Comment

Kami Telah Menandai Spam Pada Komentar Yang Memberikan Link Hidup.