Biografi singkat Sutan Syahrir

Sutan Syahrir
Nama Lengkap:Sutan Syahrir
Lahir:5 Maret 1909 di Kota Padang, Sumatera Barat
Wafat:9 April 1966 di Zurich, Swiss
Sumber:Di Kumpulkan dari berbagai sumber
Sutan Syahrir lahir pada tanggal 5 Maret 1909 di Padang Panjang, Sumatra Barat. Tahun 1926 Sutan Syahrir masuk sekolah lanjutan atas (AMS) di Bandung yang pada waktu itu adalah sekolah termahal di Indonesia dan di sekolah itu Ia bergabung dalam Himpunan Teater Mahasiswa Indonesia.

Di himpunan itu ia pernah menjadi Penulis Sekenario, Sutradara dan menjadi Aktor.
Hasil dari Teater tersebut Ia pakai untuk membiayai sekolah yang Ia didirikan untuk rakyat yang kurang mampu.

Sutan Syahrir pernah bersekolah ke negeri Belanda di Fakultas Hukum, Universitas Amsterdam untuk lebih belajar sosialisme.
Demi mengenal dunia proletar dan organisasi pergerakannya, Sutan Syahrir pun bekerja pada Sekretariat Federasi Buruh Transportasi Internasional.
Ia juga aktif dalam Perhimpunan Indonesia yang ketika itu di pimpin Mohammad Hatta. Juni 1932 Sutan Syahrir menjadi ketua PNI Baru dan pada bulan Agustus 1932 Sutan Syahrir di bantu Mohammad Hatta dalam memimpin PNI Baru.
Karena takut akan potensi Revolusioner PNI Baru, pada bulan Februari 1934 Belanda menangkap, memenjarakan dan membuang Mohammad Hatta, Sutan Syahrir dan beberapa pemimpin PNI Baru ke Boven-Digoel Irian Jaya dan dipindah ke Bandaneira (Pulau Banda).

Pada masa pendudukan Jepang Sutan Syahrir menyiapkan gerakan bawah tanah untuk merebut kekuasaan dari tangan Jepang dan mendesak Ir.Soekarno dan Mohammad Hatta untuk memproklamasikan kemerdekan pada tanggal 15 Agustus 1945 (yang akhirnya diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945) karna Sutan Syahrir mendengar Jepang sudah menyerah.
Pada tahun 1948 Ia mendirikan Partai Sosialis Indonesia.

Dan akhirnya ia wafat pada tanggal 9 April 1966 dalam pengasingan sebagai tawanan politik. Sutan Syahrir dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

0 Response to "Biografi singkat Sutan Syahrir"

Post a Comment

Kami Telah Menandai Spam Pada Komentar Yang Memberikan Link Hidup.