Cara keluar dari spam manual google

Keluar dari spam manual tidaklah sulit asalkan kalian bisa tau penyebab dari terjadinya tindakan spam tersebut.

Jika situs kalian terkena tindakkan spam manual dari team search mesin pencarian pasti kalian melanggar ketentuan mutu dari pedoman webmasters, jika situs kalian tidak melanggar kalian bisa mengabaikan saja tindakkan tersebut.
Akan tetapi itu tidak mungkin, terlebih jika menurut kalian team search lah yang salah memberikan kalian sangsi seberat itu.


Untuk memastikan bahwa situs kalian terkena tindakkan spam ada baiknya terlebih dahulu mengecek kepastian terlebih dahulu bahwa benari situs yang kalian kelola terkena spam manual, dan ingat jangan sesekali menduga-duga jika situs kalian terkena spam.
Karna itu hanya akan membuat waktu kalian banyak terbuang.

Perlu di ketahui pada saat sebuah situs di berikan sangsi berupa webspam dari google search console, kalian akan mendapatkan sebuah email yang memberitahuankan bahwa situs kalian terkena tindakan spam manual, kurang lebih dengan judul :
Kami malakukan tindakan spam manual ke http://XXXXX.
Kurang lebih seperti di atas, dan terdapat kesalahan dalam lampiran pesan gmail tersebut, sebelum kalian mendapati email tersebut kalian akan merasakan sedikit keanehan pada situs yang akan terkena spam tersebut, bisa di katakan sebuah ciri-ciri akan terkenanya tindakan spam tersebut.

CIRI-CIRI SITUS AKAN TERKENA SPAM

Tidak banyak ciri-ciri jika situs kalian akan terkena spam, namun ada keanehan pada situs yang kalian kelola dan yang paling sering terjadi untuk tahap awalnya adalah traffic situs kalian akan terbilang melonjak cukup tinggi bahkan bisa 100% lebih dari pengunjung biasanya.

Mungkin hal ini terjadi oleh faktor kesengajaan, untuk melihat semau URL kalian yang telah terindek, dan memastikan bahwa situs kalian layak mendapatkan sangsi tersebut, biasanya hal ini akan terjadi hingga berminggu-minggu bahkan sampai 2 mingguan, kembali lagi ke banyaknya URL pada situs kalian.
Jika kalian mengelola blog dengan artikel berjumlah ribuan tentu hal ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menditeksi kecurangan pada artikel yang telah kalian buat.

Perlu kita ketahui pihak team search tersebut juga manusia, jadi mereka mengunjungi situs yang kita kelola juga secara manual, dan pasti membutuhkan waktu juga.

Jika terdapat sedikit URL pada situs yang kita kelola, jatuhnya tindakkan tersebut akan terbilang cepat bahkan mungkin hanya beberapa jam saja, situs yang biasa terkena tindakan spam ini bukan lah yang berftraffic kecil atau yang memiliki nilai alexa di atas 2 jutaan, situs yang biasanya terkena sangsi ini pasti memiliki nilai alexa dan traffic yang bagus setiap hari.

Semakin tinggi sebuah pohon semakin kencang juga angin menerpa

Kata-kata pepatah ini sangatlah benar, semakin besarnya sebuah situs semakin besar juga peluang untuk terkena spam, kembali lagi akan kelayakkan situs yang kalian kelola.

Saya pernah mengalami hal ini, bahkan beberapa kali dan hal itu cukup menyakitkan bagi saya, di mana setiap harinya kita hanya akan tersenyum saat melihat traffic dan penguna yang online di situs kita, berganti melihat kekurangannya bahkan tanpa penguna yang online sama sekali.

Jika kita mengunakan nama domain yang mudah di ingat pada situs tersebut, penguna setia akan tetap berkunjung namun terasa sangat tidak enak di hati, jika kita sebagai blogger dan jatuhnya sangsi tersebut ke blog yang kita kelola, terasa membangun blog yang baru di buat bahkan setiap artikel yang kita buat tidak akan ada lagi yang bisa di andalkan, terlebih jika berharap beberapa artikel kita masih muncul di halaman pertama mesin pencari, hal ini terasa sangat sulit.

Memikirkan membuat sebuah blog baru memang gampang, akan tetapi itu hanyalah sebuah tantangan, sebuah pelajaran yang harus di pelajari, tidak harus kita menghapus situs yang terkena spam tersebut, anggaplah kalian sedang kembali belajar untuk suatu hal yang hebat tersebut, jika kalian berhasil keluar dari tindakan manual tersebut tentu kalian telah menguasai ilmu baru, takkala jika suatu saat terdapat teman kalian yang mengalami hal itu mungkin kalian memiliki jawaban untuk di berikan ke teman kalian, atau mungkin tulisan kalian akan bermanfaat bagi banyak pembaca.

Sekarang kita langsung saja ke pokok permasalahannya, sesuai judul dari artikel ini.

Untuk kalian yang merasa terkena spam manual, yakinkan sebelum kalian mendapatkan sebuah email pemberitahuan, untuk meyakinkan hal tersebut kunjungi akun google webmasters kalian dan buka nama situs yang akan kalian cek tersebut, pastikan kalian membuaka seperti pada screenshot di bawah.


Pada screeshot di atas kalian bisa melihat jika situs yang kalian rasa terkena spam berada di nama tersebut, akan terdapat kolom untuk kalian meminta peninjauan ulang (jika situs kalian benar kena spam manual) akan tetapi tanpa adanya email pemberitahuan dan tepat seperti pada screenshot di atas kalian tidak menemukan ada nya tindakan spam manual situs yang kalian kelola tidak terkena spam, bisa jadi terdapat kesalahan pada server kalian.

Atau mungkin terdapat beberapa malware pada situs kalian, sehingga google menjaga agar jangan sampai ada penguna yang tersesat di situs kalian.
Hal ini banyak terjadi dari iklan-iklan yang di pasang, terlebih jika iklan tersebut popup atau popunder sangat banyak sekali mengandung malware.

Jadi sebagai pengelola situs kalian harus bisa terlebih dahulu melihat kesalahan dari  situs kalian, kalaupun traffic situs kalian menurun, dan perlu di ingat penyebab sebuah traffic sebuah situs menurun bukan hanya di sebabkan oleh spam manual google akan tetapi ada banyak penyebabnya, jadi jangan terburu-buru menklaim bahwa situs kalian terkena spam manual sebelum kepastian berupa email pemberitahuan kalian dapatkan.

Tidak ada lagi referer dari google, atau mesin pencarian juga salah satu ciri situs kalian akan terkena tindakan spam, bisa kita simpulkan di mana traffic yang melonjak, namun jarang terdapat vissitor yang berasal dari traffic organik dan ini bisa di pastikan langsung pada analytic kalian.

CARA KELUAR DARI SPAM MANUAL

Setelah kalian pastikan bahwa situs kalian benar-benar terkena tindakkan spam manual, silahkan kalian pelajari terlebih dahulu mengapa hal itu bisa terjadi.

Jika kalian mengunakan sub-domain seperti blogspot atau mwb.im akan sedikit kesulitan untuk kalian keluar dari tindakkan ini terkecuali jika kalian mau mempelajari dan mencari letak kesalahan tersebut.

Akan tetapi jika kalian mengunakan domain atau fitur parkir domain seperti yang saya gunakan ini, kalian tidak perlu waktu khusus, cukup kalian melepaskan parkir tersebut dan pindahkan ke situs kalian yang lain lalu mintalah peninjauan kembali, namun kalian pastikan terlebih dahulu bahwa tidak terdapat kesamaan pada situs yang kalian pindahkan domainnya tersebut.

Namun akan terasa benar-benar sulit jika kalian mengunakan sub-domain gratisan seperti blogspot unuk keluar dari hal ini, bahkan kalian harus rela kehilangan beberapa artikel jika benar terdapat kesulitan, namun saya ada solusi jitu untuk kalian yang mengunakan blogspot.

Caranya sangat gampang, kalian cukup merubah nama sub-domain yang kalian gunakan, namun setidaknya kalian harus menunggu waktu juga untuk mengirimkan kembali situs kalian ke webmasters dan melakukan beberapa verifikasi lagi ke situs-situs lainnya, terlebih untuk kalian yang telah terbiasa menanamkan backlink melalui kolom komentar tentu itu semua akan hilang secara percuma.

Kalian hanya bisa memilih yang terbaik, semua ketentuan untuk perubahan pada situs kalian ada pada kalian sendiri, jadi semua itu hanyalah sebuah pelajaran yang harus kalian pelajari lagi, bukan lantas lari membuat blog baru, menganti sub-domain seperti yang saya tujukan di atas, semua butuh pelajaran kembali.

Belajar dan belajar adalah kunci utama untuk keluar dari spam manual tersebut, nah kiranya hanya cukup sampai di sini saja artikel ini.

0 Response to "Cara keluar dari spam manual google"

Post a Comment

Kami Telah Menandai Spam Pada Komentar Yang Memberikan Link Hidup.