Akun facebook siswi SMK merangin di hacking

Melihat sebuah akun facebook yang di bajak terbilang biasa, bahkan sangat sering kita temui, hampir setiap hari di beranda facebook yang saya gunakan terlihat baik berupa status yang menjelaskan bahwa akun tersebut berstatus hacked, atau juga pengakuan setelah akun facebook tersebut berstatus hacked.

Terlalu sangat di sayangkan terlebih jika itu sebuah akun facebook meraka yang sedang mengenyam pendidikan, lantas apa kah di dalam akun facebook tersebut tanpa ada nya sebuah akun senior, bahkan akun facebook guru yang mengajarkan mereka dalam pendidikan.

Sesuai judul dari artikel ini akun facebook siswi SMK merangin di bajak banyak dari teman-teman akun facebook yang saya maksudkan hanya bisa menuliskan sebuah tulisan yang sama sekali tidak memberikan manfaat apa pun bagi si pemilik akun yang saat ini facebooknya berstatus hacked tersebut.

Bahkan tak jarang mereka yang berteman dengan akun facebook tersebut memberi sorakkan, menambahkan semerawutan dalam melihat gerak serta aktifitas pada akun facebook tersebut, saya sengaja mennyembunyikan nama akun facebook dan alamat sekolah pemilik akun tersebut, agar tidak menimbulkan kesalah pahaman antara artikel ini, dan tujuan dari artikel ini bukan juga bermaksud untuk meng-anak tirikan sebuah SMK Negri di wilayah merangin, maka dari itu nama dari akun yang bersangkutan dan nama sekolah tersebut saya sensor agar mereka bisa memahami mengapa artikel ini saya buat dan publikasikan.

Berikut screenshot yang saya ambil dari akun facebook yang saya maksudkan.


Dari gambar di atas bisa kita perhatikan bahwa akun tersebut di gunakan tanpa rasa iba, dan semata-mata menjatuhkan harga diri seseorang.
Entah apa maksud dari orang yang mengendalikan akun facebook tersebut.

Saya memperhatikan akun facebook tersebut dari hari kemarin tepatnya tanggal 17/03/2016 pada waktu saya melihat akun facebook di atas sedang lewatnya sebuah unggahan foto bisa di katakan tidak enak untuk di pandang mata, lalu secara toleransi saya melaporkan ke pihak facebook foto tersebut.

Pada waktu saya akan mengambil screenshot di atas saya tidak melihat lagi ada nya foto yang di upload kemarin, entah foto tersebut telah di hapus oleh pihak facebook atau juga sang pengendali akun facebook tersebut yang menghapus foto tersebut.
Lalu ketika saya mengunjungi kronologi akun facebook di atas hanya terlihat sebuah status yang bisa di katakan sangat kurang pantas untuk di baca, untuk ukuran seorang mahasiswi yang sedang mengenyam pendidikan sudah tentu hal seperti itu bisa merusak nama baik di duni nyata sang pemilik akun facebook tersebut.

Sungguh sangat di sayangkan, kurangnya pengetahuan akan pengunaan sebuah akun facebook membuat sang pemilik akun facebook tersebut merasakan dampak negatif akan apa yang ia gunakan sehari-hari.

Lalu pada sebuah lembaga pendidikan khususnya sebuah SMK sudah tentu terdapatlah seorang atau beberapa orang yang pasti mengerti di bidang internet, atau juga bisa melakukan search di google untuk mencari kelemahan, membantu, mengambil kembali akun facebook tersebut agar tidak menimbulkan masalah yang lebih runyam (ruwet) lagi pada sang pemilik akun facebook tersebut.

CARA MENGEMBALIKAN AKUN FACEBOOK YANG DI HACKING

Berikut pengalaman dari apa yang sudah saya lakukan di saat membantu teman saya yang akun facebooknya di hacking oleh hacker yang tidak bertanggung jawab, akan tetapi cara yang pernah saya gunakan dan berhasil mengambil kembali akun facebook seorang teman saya yang mengunakan e-mail pada akun facebook yang mereka gunakan.
Ada beberapa teman yang pernah saya coba untuk membantu mereka saat akun facebook mereka di hacking, namun mengunakan sebuah nomer handphone, saya tidak berhasil.

Ada pun beberapa cara untuk mengambil kembali akun facebook yang di hacking sebagai berikut.

1. Mintalah sang pemilik akun facebook tersebut mengingat email yang ia gunakan untuk login di akun facebook tersebut, atau gunakan nama penguna jika lupa akan email yang ia gunakan, namun lupa akan email sendiri sangat tidak mungkin.
Jika telah di ketahui alamat email yang gunakan silahkan log in di email yang mereka gunakan, bisa gmail atau juga yahoo mail, klik sign in/masuk untuk mengakses email tersebut.

Jika tidak bisa masuk akibat telah lamanya akun email tersebut tidak pernah di akses oleh pemiliknya, cobalah untuk mereset kembali kata sandi yang mereka gunakan melalui bantuan dalam mengakses akun email tersebut.

Pada banyak masalah sebuah akun email di yahoo banyak yang telah di hapus secara permanent oleh pihak yahoo, ini mengakibatkan jika dulu seseorang pernah membuat email di yahoo lalu mengompirmasikan alamat email tersebut ke facebook dan lalu mereka hanya mengakses facebook, dan sekian lama akun email yang mereka buat tidak pernah di akses/buka sama sekali kemungkinan akun email tersebut di hapus oleh pihak yahoo, para hacker pasti memanfaatkan cela ini karna email yang telah di hapus oleh pihak yahoo bisa di daftarkan ulang dengan nama penguna tersebut.

Jika itu yang terjadi pasti sangat sulit untuk mengambil balik email tersebut, karna pendaftaran email di yahoo sekarang mengunakan akses langsung ke nomer handphone yang di gunakan.

Jika email dari pemilik akun facebook yang di hacking masih bisa di akses, kemungkinan untuk mendapatkan akses ke akun facebook tersebut besar bahkan 80% akun tersebut bisa kembali, sekalipun sang hacker tersebut telah menganti alamat email facebook tersebut dengan yang baru, akan sedikit mudah dan cara untuk mengambil kembali akun facebook tersebut sangatlah mudah, kalian cukup meminta kata sandi terakhir yang ia gunakan jika itu sang pemilik facebook aslinya tentu ia tau apa kata sandi terakhir yang ia gunakan.

Cara untuk mengaksesnya bukalah akun facebook tersebut mengunakan sebuah komputer atau laptop, yang jelas sebuah perangkat mendukung penuh javascript, lalu pada kolom email dan sandi isi kan seperti biasa, jika kalian mengunakan kata sandi terakhir yang ia gunakan peringatan mengunakan kata sandi lama akan muncul.
Di sini adalah point utama kalian untuk mengunci terlebih dahulu akun facebook tersebut agar tidak di salah gunakan, cara untuk mengunci akun tersebut terletak pada peringatan mengunakan kata sandi lama.

Akan muncul peringatan Ingat Menganti sandi klik saja tidak ingat, lalu di lanjutkan dengan mengklik sepertinya akun saya di retas kalian bisa melihat pihak facebook akan meminta kalian untuk mengisikan email dan kata sandi yang lama isikan saja, ulangi langkah tersebut hingga 2 kali.

Lalu bukalah email lama dari akun facebook tersebut, sekalipun email telah di hapus akan email masuk dari facebook, dari pengalaman yang pernah saya alami kurang lebih ada email yang bersubject :
Seseorang telah mengakses akun facebook anda.
Bukalah email dari facebook tersebut akan ada beberapa langkah untuk mengambil balik akun facebook tersebut, kalian memiliki kesempatan untuk membalas email tersebut dan saya sarankan jika kalian membalas email tersebut pastikan kalian melampirkan foto copy asli kalian, bisa SIM, KTP, kartu pelajar/mahasiswa yang jelas berhubungan baik nama dan tanggal lahir dan foto yang jelas.

Jika kalian tidak berhasil akan hal ini, biasanya yang terdapatkan kesalahan di nama dan data tidak sesuai pada kronologi yang kalian gunakan, banyak terjadi saat para penguna facebook sangat gembira dengan akun facebook yang ia gunakan banyak dari mereka yang mengunakan nama dan data palsu seperti nama kepanjangan dan tanggal lahir, padahal pihak facebook sangatlah menyarankan kita mengunakan nama asli saat mengunakan akun jejaring sosial yang akan di gunakan untuk bersosialisasi.

Seperti pada artikel yang saya buat sebelumnya waspadai hacker mengunakan data privacy sebagai KTP

Jika kalian mengunakan nama dan tanggal lahir yang sesuai dengan data di kronologi facebook kalian, mungkin mengirimkan lampiran foto seperti tanda pengenal asli kalian akan sedikit mudah, dan hanya menunggu beberapa jam saja kalian akan mendapatkan pemberitahuan melalui email tadi dan pihak facebook akan memandu kalian menghapus email yang di gunakan oleh hacker tadi dan kata sandi harus di ganti.

Akan tetapi jika kalian tidak mengunakan nama dan data asli, kemungkinan kalian membutuhkan ahli fotoshop untuk membuatkan data kalian.

2. Jika cara di atas tidak berhasil, gunakan cara ini.
Kirimkan pesan ke akun facebook tersebut, dengan kata-kata yang sopan dan mudah di mengerti dan jangan mengunakan tulisan yang bisa menimbulkan kesalah pahaman.

Mintalah dengan baik-baik akun facebook tersebut di kembalikan, seorang hacker pasti memiliki etika jadi pasti ada pembahasan dan kesalahan yang menyebabkan akun facebook tersebut di hacking, jika hacker tersebut iseng kalian bisa membaca cara ke 3 saya di bawah ini.

3. Laporkan ke polisi jika akun facebook kalian di hacking dengan tujuan iseng, merusak nama baik seseorang.
Perlu di ketahui tindakkan peretasan sebuah akun facebook juga melanggar undang-undang ITE jadi kalian berhak melaporkan tindakan tersebut ke pihak kepoliasian.
Berikut undang-undang ITE seputaran hacking :

pasal 27 ayat 3 jo pasal 45 ayat 1
Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.

Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 30 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp600.000.000,00 (enam ratus juta rupiah).

pasal 28 ayat 1 jo pasal 45 ayat 2
Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik.
Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (1) atau ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

pasal 30 ayat 1
Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses Komputer dan/atau Sistem Elektronik milik Orang lain dengan cara apa pun.

 pasal 46 ayat 1.
Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 30 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp600.000.000,00 (enam ratus juta rupiah).

pasal 36 jo pasal 51 ayat 2 UU ITE.
(1) Setiap Orang dapat mengajukan gugatan terhadap pihak yang menyelenggarakan Sistem Elektronik dan/atau menggunakan Teknologi Informasi yang menimbulkan kerugian.

(2) Masyarakat dapat mengajukan gugatan secara perwakilan terhadap pihak yang menyelenggarakan Sistem Elektronik dan/atau menggunakan Teknologi Informasi yang berakibat merugikan masyarakat, sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundangundangan. Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 36 dipidana dengan pidana penjara paling lama 12 (dua belas) tahun dan/atau denda paling banyak Rp12.000.000.000,00 (dua belas miliar rupiah).

Dari beberapa undang-undang ITE bisa kita simpulkan bahwa melakukan hacking ke sebuah akun facebook juga bisa di kenakan hukuman berupa penjara.

Bukan hanya sebuah defacer yang melakuka defacing ke sebuah server website, akan tetapi sorang hacker kacangan sekalipun juga bisa di jebloskan ke penjara.

Artikel ini saya terbitkan murni hanya untuk berbagi pengetahuan saja, tidak memuat unsur apa pun.

Semogga Bermanfaat

0 Response to "Akun facebook siswi SMK merangin di hacking"

Post a Comment

Kami Telah Menandai Spam Pada Komentar Yang Memberikan Link Hidup.