Dampak link partner (backlink) pada situs

Mendapatkan sebuah backlink berkualitas sudah pasti, sebuah dambaan untuk kita, terlebih jika kita yang masih sangat baru dalam membangun sebuah situs dan ini termasuk blog yang saya kelola ini.
Namun banyak mungkin dari mereka, yang belum mengetahui dampak baik dan buruknya peringkat situs dari sebuah backlink.

Untuk para penguna wapper, seperti penyedia situs download baik itu Mp3 atau Video, banyak terlihat meminta atau sengaja mengajak seperti :
Gan tukaran link partneran yuk
Saling follow yuk
Dan masih banyak lagi
Tentu hal semacam yang saya sebutkan di atas, sering kita jumpai.


Sebenarnya, bertukaran link atau partneran sih tidak masalah, selagi dalam batas wajar dan dengan ketentuan-ketentuan yang baik, dan ini juga mungkin berdampak baik.
Baik dari sisi meningkatkan Pengalaman Pengunjung di situs kita, dan juga saling menjalin tali silahturahmi baik sesama blogger atau juga wapper.

Sebagai pengelola situs, pasti kalian juga mengerti fungsi dari Partneran atau bertukar link ini, yang pasti hanya satu tujuannya, yaitu berharap ada pengunjung dari situs yang memasang link ke situs kita, ikut mungunjungi situs kita pula, jadi jangan terlena akan hal ini, memasang link ke situs lain atau juga dipasang link dari situs lain ke situs yang kita kelola juga akan menimbulkan Resiko, dan ini terdapat sangsi dari Mesin Pencarian raksasa (Google).

Bisa kita analisa secara akal sehat dan nyata saja, jika ada sebuah situs yang dianggap melanggar ketentuan Pedoman Mutu Webmaster, atau situs yang diditeksi sebagai tidak Aman oleh beberapa Aplikasi seperti Mozilla, lalu memberikan Backlink ke situs kita, sudah bisa kita pestikan bahwa Backlink tersebut tidaklah bagus atau berkualitas, terlebih jika Situs Download seperti Mp3 juga Video, sangat banyak sekali situs download file berupa Mp3, Video yang sering terkena DMCA dan hasilnya Mesin Telusur akan menghapus URL tersebut, dan bisa kita pastikan ini akan berdampak buruk juga akan situs yang kita kelola.

Begitu juga sebaliknya, jika kita memberikan sebuah Backlink ke situs lain, juga akan memberikan Resiko  yang sebaliknya dari situs yang memberikan Backlink ke situs kita, akan tetapi jika situs dari kita yang memberikan Lalu Lintas ke situs lain ada beberapa hal yang dapat memberikan resiko pada situs kita diantaranya :

IKLAN

Pada banyak situs, banner iklan sangat banyak kita jumpai, dan sebuah banner tersebut bisa juga kita Kategorikan sebuah Backlink ke situs tersebut, dalam artian Kita memberikan Lalu Lintas ke situs yang bisa jadi (mungkin) tidak bagus, atau situs yang diperkirakan bisa membahayakan perangkat pengunjung di situs kita, dan ini pasti sangat beresiko.

Jadi jangan heran jika situs kita dipasangi beberapa banner iklan, lalu situs yang kita kelola akan sulit mendapatkan peringkat pada mesin pencarian, dan ini pasti banyak terjadi.

Solusi :
Untuk solusi dari hal ini, mungkin kita hanya sedikit berpikir, jangan hanya memikirkan penghasilan akan tetapi pikirkan juga iklan yang baik untuk dipasang ke situs kita.

PAY PER DOWNLOAD

Kalian pasti tau situs Pay Per Download, ada banyak penguna situs PPD ini dan bisa kita jumpai pada blog-blog yang biasanya meng-share artikel tentang download, baik dari Mp3, Video, Game, Sofwer dan lainnya.
Pada situs PPD sudah pasti kita tau, kita dibayar saat ada pengunjung yang melakukan pendownload dari File yang kita upload, dan untuk mendapatkan pendownload tersebut sudah pasti kita membutuhkan sarana untuk mengarahkan pengunjung, yaitu mengunakan artikel-artikel pada blog yang kita kelola.

Dan perlu kita ketahui, situs PPD juga pasti akan berharap mendapatkan penghasilan dari pengunjung yang kita arahkan tersebut, yang nantinya akan dibayarkan juga pada kita, jadi intinya saling menguntungkan, dan hal ini perlu kita ketahui dan pikirkan baik-baik, sudah jelas situs yang kita kelola memberikan Lalu Lintas ke arah di mana sebuah laman tersebut sudah sangat banyak sekali menempatkan Iklan, baik yang terlihat seperti banner, atau juga popup, hal semacam ini sudah tentu sangat buruk untuk sebuah situs yang kita kelola.
Pada hal kita juga mengetahui bahwa, robots google akan merayapi setiap isi dari artike atau juga sebuah laman yang terdapat pada situs kita, terkecuali jika laman tersebut kita Block mengunakan media Robots.txt namun hal ini tidak mungkin kita lakukan.

Solusi :
Untuk solusi hal semacam ini, mungkin hampir sama dengan Iklan di atas, yaitu harus benar-benar mencari situs PPD yang baik dalam menempatkan Iklan mereka, dan sepertinya ini jarang kita jumpai.

SHORTEN URL

Untuk Shorten URL, kalian juga pasti sudah tau, dimana kita bisa mendapatkan penghasilan dengan menshorten URL yang panjang menjadi pendek singkatnya Pemendek URL.
Akan tetapi Pemendek URL juga ada yang bagus, dan juga kurang bagus jika pemendek URL tanpa imbalan bayar yang jelas benar-benar untuk memendekkan URL yang panjang, ini sah-sah saja untuk di gunakan.

Akan tetapi, jika Shorten URL yang membayar, pasti akan ribet sekali, dan perlu kita ketahui tidak semua penguna Internet mengetahui cara meninggalkan halaman tersebut, jika mereka mengetahui untuk mengklik Skip Ad hal ini mungkin tidak akan membuat kesulitan si penguna tersebut, namun jika penguna tersebut benar-benar awam sudah pasti Ia akan tersesat dan hal yang menyesatkan sudah pasti akan sangat di benci oleh Mesin Telusur.

Solusi :
Hal ini mungkin masih sama dengan di atas untuk solusinya.

Dan masih banyak lagi hal-hal yang perlu kita pikirkan dalam memberikan Tautan Balik (backlink) ke situs-situs lain, dan perlu juga untuk di perhatikan.

Begitu juga akan situs yang ber-Partneran pada situs kita, sekalipun situs tersebut juga Relevan pada situs kita, dalam artian situs Pertner kita tersebut lebih komplit isinya dari situs kita, ini baik untuk pengunjung situs kita.
Namun untuk masalah keamanan, dan Bermasalahnya sebuah situs yang ber-Patneran dengan situs kita, tidak akan selamanya kita bisa mengetahui bahwa situs tersebut dalam keadaan baik atau sedang tidak bermasalah, terkadang situs lain bermasalah sudah tentu kita tidak mengetahuinya, dan ini akan berdampak juga pada situs kita yang tadinya tidak bermasalah bisa juga turut bermasalah dengan adanya Lalu Lintas yang kita berikan.

Partner Yang Baik ketika sang pengelola (admin) dari situs tersebut mengetahui bahwa situsnya dalam masalah, ia akan secara pribadi menghapus Link yang menuju situs lain, dengan atau tanpa sepengetahuan Partnernya tersebut.
Hal ini dilakukan secara pribadi, agar situs Partner tersebut tidak ikut terkena masalah, atau juga memberikan resiko yang bisa berdampak buruk untuk situs partnernya.

Untuk mengetahui lebih jelas akan hal semacam backlink ini, dari Pihak Bantuan Webmaster dari Google sebenarnya sudah ada panduannya, yaitu tentang Skema tautan untuk lebih jelasnya bisa merijuk ke sini Skema tautan - Bantuan Search Console

Dan sedikti, kutipan dari Skema tautan tersebut kurang lebih terdapat isi seperti ini :

Tautan yang dimaksudkan untuk memanipulasi PeringkatLaman
Tautan ke spammer web atau lingkungan yang buruk di web
Tautan timbal balik berlebihan atau pertukaran tautan berlebihan ("Tautkan ke saya dan saya akan menautkannya ke Anda.")
Silahkan Perhatikan yang saya beri tanda Tebal dan Bergaris Bawah, dari situ bisa kita simpulkan, Ber-Partneran boleh saja akan tetapi juga terdapat Tata dan Cara yang baik pula, yaitu dengan memiliki kesadaran masing-masing dari para Partner tersebut.

Dan juga bisa kita lihat, ada banyak sekali situs yang memberikan Link ke Index situs-situs besar seperti :
Google
Facebook
Yahoo
Twitter
Bing
Dan lain sebagainya
Hal semacam ini tidaklah baik di hasil Penelusuran, juga berdampak buruk pada situs yang kita kelola, dan hal semacam ini sungguh tidak akan memberikan manfaat apa pun untuk perbaikan pada situs kita.
Pada forum bantuan webmasters bahkan saya pernah membaca, bahwa salah satu hal yang tidak disukai oleh Mesin Telusur adalah sebuah situs yang memberikan Link ke index Google, hal semacam ini terlihat sangat bernafsu dan sangat berniat untuk hadir di halaman awal (Page One) Mesin Pencarian, maka dari itu hal ini sangat tidak di sukai oleh Mesin Pencarian.

Seperti halnya kita membagikan Tautan ke situs jejaring sosial media, ingat!!!
Tautan yang dibagikan tersebut akan menjadi sebuah Backlink, dan hal ini akan mendapatkan Respon dari Robots mesin telusur, walaupun namanya Robots hanya sekadar menscan namun akan ada tim review dari Google untuk melakukan peninjauan dan tim ini adalah Manusia.
Dan pertanyaannya, seberapa bermanfaat Artike tersebut sehingga banyaknya terdapat di situs jejaring sosial media, dan dari akun mana tautan tersebut di bagikan, jika tautan tersebut di nilai tidak bermanfaat, tanpa kualitas, terlebih jika dibagikan oleh satu akun jejaring saja, sudah bisa dipastikan baik atau buruknya dari hasil yang kita bagikan tadi.
Jika sebuah artikel tersebut benar-benar berkualitas dan bermanfaat, sudah tentu bukan satu akun saja yang membagikannya, dan pasti akan mendapatkan peringkat yang baik juga di hasil penelusuran.

Jika sebaliknya, sudah Artikelnya tidak bermanfaat, dibagikan oleh satu akun jejaring saja, terlebih jika hal ini terjadi secara berulang-ulang singkat kata melakukan spammer di situs jejaring, kemungkinan baik, juga kemungkinan buruk tentu kalian sendiri bisa memikirkannya.

Jadi kembali lagi pada Judul Artikel ini Dampak link Partner, bisa memberikan manfaat sekaligus bertambahnya Traffic ke situs yang kita kelola, juga bisa memberikan dampak yang tidak baik.

Semogga Bermanfaat

0 Response to "Dampak link partner (backlink) pada situs"

Post a Comment

Kami Telah Menandai Spam Pada Komentar Yang Memberikan Link Hidup.