cara install xrdp di vps ubuntu 12.04 x64

Hello sobat untuk kalian yang gemar mainin vps khususnya linux, yang sekadar untuk mainan bukan untuk hosting website kalian.
Pasti terpikirkan oleh kalian untuk menjalankan vps linux yang kalian miliki lewat RDP Remote Dekstop Protocol atau RDC Remote Dekstop Connetion komputer atau laptop kalian.

Jika kalian memiliki vps windows pasti mudah untuk menjalankannya, pertanyaanya bagaimana jika kalian memiliki vps linux sudah tentu kalian harus mengistall beberapa aplikasi tambahan agar vps linux kalian bisa di Remote melalui RDP.

Untuk di postingan ini, dan ingat baca baik-baik.
Pada postingan ini saya hanya akan menjabari cara install xrdp untuk vps linux dengan versi Ubuntu 12.04 x64 untuk versi lainnya silahkan kalian cari atau search kembali di google.

Sebelum kalian menjalankan beberapa perintah di vps linux kalian sudah tentu kalian memiliki aplikasi sejenis putty dan lainnya, jika kalian belum memiliki aplikasi putty silahkan terlebih dahulu mendowonload aplikasinya di sini Download PUTTY
Setelah kalian mendownload buka aplikasi tersebut dan jalankan, pada perintah untuk memasukan alamat IP vps kalian, silahkan kalian isi terlebih dahulu untuk login di terminal vps ubuntu kalian kurang lebih tampilannya seperti ini.


Jika kalian mendapati atau melihat tampilan pemberitahuan seperti ini.


Silahkan kalian klik YES untuk melanjutkan, sampai pada tahap halaman login kalian.


Untuk login di vps kalian tadi pasti kalian sudah tau Username vps kalian yaitu ROOT, nah di dalam terminal tersebut silahkan kalian ketikan root lalu Enter dan kalian bisa melihat tampilan seperti ini.


Pada screenshot di atas kalian di minta untuk memasukan kata sandi vps kalian, yang pasti kalian sudah tau kata sandi tersebut.
Kalian cukup mengisikan kata sandi di dalamnya, jika ketikan kalian tidak muncul teruskan saja mengisikan kata sandi, karna kata sandi kalian memang tidak terlihat.
Sesudah kalian mengisi pasword atau kata sandi kalian dengan benar silahkan klik Enter, karna langkahnya cukup mengisikan perintah lalu Enter begitu selanjutnya.
Jika kalian berhasil login di vps kalian akan terlihat tampilan seperti ini.


Jika kalian di minta mengulangi paswod atau kata sandi silahkan kalian Eja sandi dengan cara mengulangi, memasukan kata sandi vps kalian.
Jika kalian Copy mengunakan tandai lalu klik kanan dan Copy, ingat cukup kalian klik sekali pada klik kanan mouse kalian.
Saya ulangi cukup klik 1 kali pada klik kanan.

Untuk mengisikan perintah kalian bisa melihat batas laju yang harus kalian isi, bisa kalian lihat batas tersebut dengan hanya.

~#

Kalian tidak perlu mengisikan karakter ini ~# cukup langsung memasukan perintah saja, saya ulangi lagi agar jelas.
Jika kalian mengunakan Tandai untuk di paste cukup klik kanan 1 kali saja.

Langkah pertama silahkan kalian memasukan perintah berikut :

apt-get update

Perhatikan screenshot.


Kemudian lanjutkan dengan meng-klik Enter, kalian bisa melihat berbagai code yang terus berjalan dengan sendirinya di terminal vps kalian.
Silahkan kalian tunggu hingga selesai, jika selesai kalian akan mendapati kembali untuk mengisikan perintah kembali, kurang lebih tampilannya seperti ini.


Jika kalian melihat tampilan sudah seperti di atas, silahkan kalian melanjutkan dengan mengisikan perintah berikut.

apt-get install ubuntu-desktop --no-install-recommends

Jika terdapat kesalahan, kalian tidak perlu menambahkan.

--no-install-recommends cukup mengisikan.
apt-get install ubuntu-desktop

Tapi saya sarankan kalian mengisikan semua Perintah terlebih dahulu, kalian bisa melihat terminal vps kalian kembali berjalan seperti tadi silahkan kalian tunggu dan apa bila kalian melihat perintah terima atau tidak [Y/n] seperti ini.


Cukup kalian klik Enter saja, sampai muncul tampilan untuk mengisikan perintah kembali seperti tadi.
Selanjutnya sekarang kalian memberi perintah untuk membukanya dari Remote Deksto Protocol atau RDC komputer kalian dengan cara menginstall XRDP di vps ubuntu kalian, isikan perintah berikut.

apt-get install xrdp

perhatikan screenshot biar jelas.


Setelah kalian isi perintah kembali klik enter, kalian akan di minta kmbali mmberi perintah lanjut atau tidak seperti [Y/n] dan kembali kalian memberi perintah melanjutkan dengan cara hanya meng-klik Enter.

Setelah kalian mengintall xrdp lakukan Reboot pada vps linux kalian dengan cara mengisikan perintah.

reboot

Lalu kembali kalian meng-klik Enter, kurang lebih tampilannya seperti ini.


Setelah kalian mengisikan perintah reboot putty akan berhenti untuk berkoneksi dengan vps kalian, kurang lebih kalian mendapati tampilan seperti ini.


Biarkan aplikasi putty memutuskan koneksinya, kalian lanjutkan saja dengan meng-klik Ok dan tutup aplikasi putty kalian, selanjutnya buka aplikasi RDP bawaan komputer kalian yang berada di star.
Selanjutnya kalian bisa melihat tampilan seperti ini pada Remote Dekstop Protocol yang kalian buka tadi.


Silahkan kalian isikan user dan sandi vps kalian untuk login, ingat jangan merubah apa pun, cukup isikan user dan sandi lalu lanjutkan dengan mengklik OK.

Kalian bisa melihat vps ubuntu kalian layaknya komputer biasa dengan versi linux yang pastinya berbeda dengan tampilan windows, yang apa bila kalian ingin menjalankan aplikasi windows kalian bisa menambahkan atau menginstall aplikasi wine atau playonlinux yang bisa kalian dapatkan langsung di ubuntu center atau langsung menambahkan pada terminal vps kalian.
Namun menambahkan aplikasi sejenis wine atau playonlinux biasanya sering terdapat error.

Nah demikian postingan saya tentang cara menginstall xrdp pada ubuntu 12.04 x64 yang di lain waktu saya update cara install xrdp di ubuntu versi lainnya.

Semogga Bermanfaat

3 Responses to "cara install xrdp di vps ubuntu 12.04 x64"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. gan ko saya pas mau masuk tiba2 ngeclose sendiri RDP nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba perhatikan gan, vpsnya linux Ubuntu V 12.04 bukan? coba agan Reinstall ulang lewat Panel Managernya dulu gan, masuk ke Tempat agan mendaftar lalu Reinstall terlebih dahulu ingat versi gan, pilih Ubuntu 12 jangan Fedora DLL.

      Delete

Kami Telah Menandai Spam Pada Komentar Yang Memberikan Link Hidup.