Cara verifikasi situs ke webmasters

Verifikasi wap blog ke webmasters tidaklah sulit bahkan di rasa cukup sangat mudah, akan tetapi untuk yang belum mengetahui caranya mungkin akan sedikit merepotkan, metode verifikasi situs ke webasters bukan hanya ke google webmasters akan tetapi ada banyak lagi terutama verifikasi wap blog ke bing webmaster atau bahkan verifikasi situs ke alexa semua bisa di katakan cukup mudah untuk kalian yang mengetahui caranya.

Sebelum kalian memverifikasi kepemilikan situs patikan sejenak kalian mengetahui fungsi mengirimkan situs ke webmasters ini.
Untuk kalian yang belum mengetahui fungsi ini sedikit saya jelaskan dengan singkat.

Situs yang baru kalian buat atau terbilang sangat baru hadir di jagad internet, jika di search di pencarian google kalian tidak akan menemukan situs tersebut karna google pun belum merekam data situs kalian, maka dari itu mengirimkan situs kalian ke pihak webmasters adalah sebuah nilai kunci agar situs kalian bisa hadir di mesin pencarian tersebut.


Faktor seo lebih utama untuk kalian mengirimkan situs ke pihak webmasters agar apa yang berada di situs kalian bisa dengan cepat dan mudah hadir di mesin pencarian.

Akan tetapi untuk sebuah pringkat situs yang kalian kelola kembali lagi ke pihak di mana kalian mengirimkan situs tersebut, dan tidak ada yang bisa menjamin berapa lama situs kalian akan di tampilkan, biasanya dapat memakan waktu hingga 2 hari lebih.

Baiklah sekarang mari kita ketahui dan simak cara untuk mengirimkan situs kalian ke google webmasters, bing masters dan alexa.

BING MASTERS

Seperti yang kita ketahui bukan hanya google yang biasanya di gunakan untuk mesin pencarian, bing juga banyak di gunakan oleh penguna internet, selain bing juga ada yahoo, untuk situs kalian bisa hadir di mesin pencarian bing dan yahoo tentu kalian harus mengirimkan situs kalian ke webmasters bing terlebih dahulu, sebelum masuk ke bing webmasters terlebih dahulu kalian harus memiliki akun mail dari bing, jika belum memiliki akun di bing silahkan buat terlebih dahulu, silahkan masuk ke www.hotmail.com

Setelah kalian membuat sebuah akun hotmail sekarang kalian bisa masuk ke halaman webmasters bing dengan mengakses alamat ini www.bing.com/webmasters

Setelah kalian mengakses alamat di atas, kalian akan di hadapkan dengan permintaan sign in atau sign up, kurang lebih tampilannya seperti ini.


Jika kalian telah memiliki akun hotmail silahkan klik sign in, di sini saya mengunakan akun blog ini untuk bahan tutorial, dan untuk kalian yang mengunakan blogger akan sama persis terlihat dengan tutorial ini.

Setelah kalian masuk ke halaman webmasters, akan terlihat tampilan seperti ini.


Silahkan kalian isikan nama situs atau blog yang akan kalian verifikasikan di bing.
INGAT!!!
Setelah kalian menuliskan nama situs kalian dan klik add, kalian akan di minta untuk langsung menambahkan peta situs kalian dengan menuliskan, nama-situs.com/sitemap.xml jika kalian tidak memiliki peta situs silahkan kosongkan saja, jika kalian mengklik add selanjutnya kalian bisa melihat tampilan seperti ini.


Pada gambar di atas bisa kalian contoh untuk penulisannya, yang selanjutnya kalian akan di minta untuk memasang kode meta di bagian head kepala situs kalian kurang lebih pada <head> dan sebelum tag head berakhiran slash seperti ini </head> letakan kode tepat berada di tenggah antara <head> tag bing </head> untuk meta tag bing silahkan perhatikan gambar di bawah ini.


Untuk yang berwarna biru di tandai itu meta tag yang harus kalian letakkan pada kepala <head> situs kalian, jika kalian mengunakan situs dengan hosting silahkan cari file head.php atau persamaannya yang pasti terdapat <head> pada file tersebut, untuk kalian yang mengunakan blogspot silahkan login ke akun blogger kalian lalu lanjutkan dengan memilih menu template, edit html silahkan perhatikan gambar untuk memperjelas.


Kalian pasti tau di dalam menu edit html terdapat banyak script dan meta tag termasuk <head>, meta tag bing yang kalia copy tadi silahkan pastekan ke bagian sesudah <head> dan sebelum </head> silahkan lihat gambar.


Setelah kalian pastekan meta tag bing tadi silahkan kembali ke akun bing webmasters kalian tadi, begitu juga untuk kalian yang membuat situs yang bukan di blogger intinya sama pastekan meta tag tersebut ke bagian head situs kalian, setelah kalian taruh di head verifi ke bing webmasters perhatikan gambar.


Jika tidak terdapat kesalahan kalian akan di tampilkan ke halaman selanjutnya, akan tetapi jika terdapat kesalahan kalian akan tetap di halaman tersebut dan mendapatkan kesalahan untuk memverifikasi kepemilikan situs, jika berhasil tampilannya seperti ini.


Kalian bisa melihat status terverifikasi di atas menandakan tidak terdapat kesalah saat meletakkan meta tag dari bing webmasters.

Jika di atas kita membahas submit situs ke bing webmasters, sekarang kita bahas cara mengirimkan situs kalian ke pihak google webmasters

GOOGLE WEBMASTERS

Jika kalian mengunakan blogspot proses verifikasi ke google webmasters pasti tidaklah sulit, cukup mengisikan alamat blog secara otomatis akan terverifikasi ke google webmasters.
Seperti yang kita ketahui blogger salah satu kepemilikkan google jadi kita tidak akan merasa kesulitan untuk memverifikasikan kepemilikkan blog untuk detailnya silahkan perhatikan screenshot.



Akan tetapi pada sebagian akun blogspot tetap meminta untuk memverifikasikan mengunakan meta tag atau juga melalui google analytics, untuk menambahkan situs kalian ke google webmasters pastikan terlebih dahulu kalian memiliki sebuah akun google mail atau gmail, dan jika kalian telah memiliki akun gmail silahkan langsung merujuk ke www.google.com/webmasters

Selanjutnya di halaman dasboard google webmasters kalian bisa melihat bacaan tambahkan property  kurang lebih tampilannya seperti ini.


Pada button tambahkan property silahkan kalian klik, selanjutnya kalian bisa melihat tampilan seperti di atas.
Setelah kalian mengisikan nama situs kalian dengan lengkap klik submit, selanjutnya akan ada beberapa metode atau pilihan untuk memverifikasikan kepemilikan situs kalian.

Jika kalian ingin memilih metode meta tag pasti kalian klik bacaan metode alternative selanjutnya pilih meta tag.

Untuk menambahkan kode meta tag ke situs kalian caranya sama dengan meletakan kode pada bing masters di atas, letakkan kode meta tag sesudah <head> dan sebelum </head> lalu klik simpan dan kembali ke google webmasters untuk memverifikasi kepemilikan situs kalian.

Google webmasters berbeda dengan bing masters, jika bing masters meminta kalian menambahkan peta situs atau sitemap pada saat akan memverifikasi kepemilikan situs.
Berbeda dengan google webmasters, jika kalian ingin menambahkan sitemap, tentulah setelah situs kalian terverifikasi, sedikit cara dari saya untuk kalian menambahkan sitemap di google webmasters.

Untuk menambahkan sitemap ke google webmasters, setelah situs kalian berhasil di kirim dan di verifikasi, lanjutkan dengan mengklik perayapan, peta situs, di peta situs kalian bisa melihat button dengan bacaan tambahkan peta situs pada sudut kanan atas, untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar.


Kalian bisa menambahkan berapa banyak pun peta situs kalian, namun harus di ingat peta situs atau sitemap biasanya di akhiri dengan xml jika kalian mengunakan blogger atau juga mywapblog setidaknya kalian bisa menambahkan 3 buah peta situs dengan cara :
/sitemap.xml
/rss.xml
/atom.xml
Perlu di ingat jika kalian menambahkan sitemap.xml tanda slash (/) garis miring jangan ikut di tulis cukup langsung isikan sitemap.xml, rss.xml, atom.xml.
Jika kalian mengirimkan 3 peta situs sekaligus pastikan kalian klik segarkan laman setiap selesai mengirimkan peta situs.

Kedua webmasters di atas paling banyak di gunakan, dan di hubungkan ke situs-situs juga blog yang banyak kita jumpai dari hasil penelusuran mesin pencari google.

Akan tetapi sebagian para webmasters juga mengirimkan situsnya ke alexa untuk melihat pringkat situs yang mereka kelola.
Dengan alexa kita bisa melihat seberapa baik popularitas situs kita di jagad internet ini, ibarat kata alexa adalah rangking pada sekolah.

Lalu apa kah kalian juga tertarik untuk mengirimkan situs kalian ke alexa, jika kalian ingin ingin menambahkan situs kalian ke alexa silahkan perhatikan caranya di bawah ini.

CARA VERIFIKASI SITUS KE ALEXA
Untuk memverifikasi situs kalian ke alexa tidaklah sulit akan tetapi pihak alexa menyediakan fitur gratis hanya mengklaim situs kalian dan berbayar untuk hal penuh akses.

Untuk menambahkan situs kalian ke alexa pastikan kalian memiliki akun di alexa, jika belum memiliki akun di alexa kalian bisa membuatnya terlebih dahulu atau bisa melakukan sign in mengunakan akun facebook, kita langsung saja untuk kalian silahkan merujuk ke situs nya terlebih dahulu www.alexa.com

Selanjutnya silahkan kalian klik sign up untuk membuat akun atau langsung saja klik sign in agar bisa login mengunakan akun facebook kalian, silahkan perhatikan gambar di bawah ini.


Tepat seperti gambar di atas, kalian bisa login mengunakan akun facebook agar lebih simple dan cepat silahkan kalian klik saja login mengunakan akun facebook kalian.

Selanjutnya pada halaman dasboard alexa silahkan kalian klik add site, perhatikan gambar agar lebih jelas.


Pada tampilan seperti di atas silahkan kalian isikan nama situs kalian untuk melanjutkan, kalian akan di hadapkan dengan pilihan fitur premium, jika kalian ingin mengunakan alexa secara gratis klik saja pada bagian tengah kurang lebih bacaannya claiming your site klik dan lanjutkan.


Selanjutnya kalian akan di minta kembali untuk mengisikan nama situs kalian, perhatikan screenshot.


Pada laman seperti di atas isikan kembali nama situs kalian, lalu klik continue untuk melanjutkan, setelah mengklik continue selanjutnya kalian bisa melihat hampir sama dengan metode verifikasi bing webmaster kalian bisa melihat metode meta tag dengan mengklik angka 2, untuk lebih jelasnya seperti ini.


Cara meletakkan kode meta alexa pun sama seperti metode webmasters lainnya, yaitu kalian cukup meletakkan pada bagian head, setelah kalian meletakan meta tag alexa kalian langsung mengklik verifi my ID, jika berhasil tampilannya seperti ini.


Pada gambar di atas menunjukan bahwa metode verifikasi berhasil.

Sebenarnya dari ke 3 metode verifikasi kepemilikan situs di atas hampir semua fungsinya sama, terkecuali alexa, karna alexa hanyalah sebagai pengukur seperti yang saya tulis di atas alexa hanyalah rangking pada situs yang kalian kelola.

PENGERTIAN DAN PEMAHAMAN

Dari metode verifikasi kepemikkan situs baik itu di google, bing webmasters bisa kita pahami bahwa semua untuk menghadirkan situs yang kita kelola ke hasil pencarian google, bing, yahoo, mysearch dan lain sebagainya.
Tanpa mengirimkan kepemilikkan situs akan mustahil untuk kita melihat bahwa situs kita bisa hadi di penelusuran mesin pencari.

Terkadang ada yang bertanya"mungkin"di google situs saya bisa di temukan kok di bing dan yahoo situs saya tidak di temukkan.
Kunci nya ya ini, yaitu memverifikasi kepemilikkan situs dan perlu kita ketahui, google dan bing, yahoo bukan situs yang sama mereka berbeda dan hasil penelusuran sekalipun juga berbeda.

Jika kalian mengirimkan kepemilikkan situs ke google webmasters jelas situs kalian tidak akan berada di penelusuran bing juga yahoo.
Begitu juga sebaliknya, jika kalian mengirimkan kepemilikkan situs ke bing webmasters, situs kalian tidak akan hadir di di penelusuran google akan tetapi jika kalian mengirimkan situs ke bing di yahoo situs kalian juga akan ada dan bisa di cari.

Maka dari itu kirimkan kepemilikkan situs kalian ke 2 situs raksasa ini agar situs kalian bisa ikutan eksis di hasil penelusuran mesin pencari mereka.

Untuk melihat situs kalian di mesi pencari mereka gunakan dork seperti :
site:http://nama-situs-kalian.com
Lalu klik cari atau submit dari sana kalian bisa melihat ada berapa banyak URL situs kalian yang berhasil tampil di mesin pencarian tersebut.

Secara pencarian bing dan yahoo lebih sulit untuk kita menemukan semua URL situs kita, terbilang sedikit sulit untuk berada pada pringkat baik di hasil penelusuran bing dan yahoo yang saya pribadi tidak mengetahui mengapa hal itu terjadi, berbeda dengan google kita bisa mencari situs kita sekalipun berada di page berapa pun asalkan URL tersebut benar-benar telah terindex oleh google.

Mungkin hanya sebatas tulisan di atas lah yang bisa saya sampaikan untuk lebih dan kurangnya saya harap bisa membantu kalian.

0 Response to "Cara verifikasi situs ke webmasters"

Post a Comment

Kami Telah Menandai Spam Pada Komentar Yang Memberikan Link Hidup.