Tips memblokir backlink ke blog

Mendapatkan backlink yang banyak pasti sudah menjadi keinginan bagi pemilik situs, akan tetapi tidak semua backlink (tautan balik) yang di buat akan selalu membuahkan hasil pencarian yang baik.

Terutama untuk teman-teman para blogger pasti sangat banyak yang menginginkan memiliki backlink yang banyak, akan tetapi pasti terdapat dampak buruknya juga jika tautan balik tersebut dari situs yang melanggar mutu pedoman webmasters.

Untuk mengetahui berapa banyak jumlah backlink ke situs yang kita kelola, kita bisa mengunakan webmasters untuk lebih akurat lagi dari pada harus mengunakan cek backlink dari situs-situs penyedia pengecekan backlink yang belum tentu akurat.

Untuk mengecek tautan balik ke situs yang kita kelola melalui google webmasters cukup mudah dan cepat, namun harus di ingat bahwa usia situs yang akan kita cek sudah cukup umur untu menampilkan semua data rekaman, dan untuk melihat berapa banyak jumlah backlink ke situs kita silahkan terlebih dahulu sign in ke akun webmasters kalian, lalu pilih :

1). Lalu Lintas Penelusuran
2). Tautan ke Situs Anda

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar.


Sewaktu mengambil screenshot di atas hingga postingan ini saya terbitkan, usia domain www.ndaru.id ini hanya masih 4 harian, jadi webmasters mungkin belum mengumpulkan semua data rekaman dari blog ini.

Sebelum kita melanjutkan untuk mencekal tautan balik ke situs yang kita kelola ada baiknya sejenak kita mengetahui, kelebihan dan kekurangan backlink.

KELEBIHAN

Kalian pasti tau apa itu backlink (tautan balik) dan ada banyak cara untuk mendapatkan backlink tersebut, jika kita melakukan search di mesin pencarian akan ada banyak situs penyedia backlink, baik dari yang berbayar mau pun yang gratisan, untuk fasilitas gratis dan berbayar pasti yang gratisanlah paling banyak di gunakan.

Kelebihan backlink hanyalah untuk mendongkrak laju traffik ke situs yang kita kelola, jadi secara simple seperti ini :
Kalian komen di blog sebelah lalu meninggalkan link ke situs kalian.
Suatu saat pasti link yang kalian tinggalkan tadi akan di klik oleh seseorang, nah itu bisa di sebut dengan backlink atau tautan balik.

Bukan hanya untuk sekedar meningkatkan traffic situs yang kita kelola, backlink juga dapat memberikan pringkat yang baik ke situs kita, sebagai blogger tentu blog kita mendapatkan perhatian lebih karna di anggap mengunakan blog sebagai sarana bersosialisasi antar webmasters.

Bukan peringkat saja yang bisa kita dapatkan dari backlink, teman dan popularitas situs kita juga akan lebih di hargai oleh orang yang melihat situs kita, akan tetapi konten pada situs yang kita kelola benar-benar memiliki mutu yang baik.

Di atas hanyalah sedikit ulasan akan kelebihan backlink pada situs kita, yang pasti akan ada banyak lagi manfaat dari backlink, lalu bagaimana dengan kekurangan backlink tersebut, silahkan baca untuk kekurangan backlink di bawah ini.

KEKURANGAN

Kekurangan dari sebuah backlink adalah prioritas yang buruk akan berdampak pada situs kita, saya pernah membaca beberapa artikel akan cara mndapatkan backlink hingga 2000 an, dari 2000 backlink yang kita dapatkan apa kah lantas situs kita mendapatkan peringkat yang baik???

BELUM TENTU!!!

Seperti yang kita ketahui backlink yang baik tentu di dapat dengan cara yang baik juga, saya pernah mencoba mengunakan tools submit 2000 an backlink dengan alamat sembarang, dan yang saya perhatikan pada nilai Ping ke situs-situs whois dan situs-situs berbahasa yang menurut saya aneh, bahkan banyak bahasa yang tidak saya mengerti sama sekali.

Lalu apa kah backlink yang seperti ini baik untuk situs kita, tentu tidak, secara popularitas tentu situs kita tidak akan mendapatkan nilai apa pun.

Terlebih jika backlink berasal dari situs-situs yang melanggar mutu webmasters seperti :

warez
hacking
cracking
konten dewasa
dan lain sebagainya

Dari beberapa situs di atas jika memberikan backlink ke situs kita tentu peringkat situs kita juga ikut menjadi buruk di mata webmasters lainnya.

Untuk 2000 an backlink yang kita kirimkan pasti terdapat beberapa di antaranya situs yang melanggar mutu webmasters juga pasti kita mendapatkan dampak yang kurang bagus juga.

Di atas adalah sedikit ulasan untuk kekurangan backlink ke situs kita, jadi saya kira sudah cukup bisa di mengerti akan kelebihan serta kekurangan backlink ke situs yang kita kelola, untuk kalian yang menyadari hal ini dan ingin mencekal tautan balik dari situs-situs yang tidak kalian inginkan silahkan baca di bawah ini.

TIPS MENCEKAL TAUTAN BALIK KE SITUS

Sebelum kalian mencekal sebuah situs yang memberikan tautan balik ke situs kalian, ada baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu pantas atau tidaknya situs tersebut memberikan backlink ke situs kalian.

Untuk mencekal tautan balik ke situs kalian mengunakan google webmasters yaitu google disavow, terlebih dahulu silahkan kalian login ke akun gmail, atau akun webmasters kalian, lalu buatlah file.txt pada komputer atau laptop kalian perhatikan gambar jika kalian tidak mengerti file.txt yang saya maksudkan.


File.txt yang kalian buat tadi berfungsi untuk menyimpan nama situs yang akan kalian cekal nanti, karna metode pencekalan pada google disavow mengunakan metode upload file.txt bukan menuliskan nama situs.

Setelah kalian membuat file.txt pastikan kalian telah menuliskan nama situs yang akan kalian cekal, perhatikan screenshot.


Setelah kalian isi nama situs silahkan klik save dan jangan lupa untuk mengingat tempat dokumen tersebut kalian simpan.

Jika semua sudah selesai silahkan kalian akses alamat ini www.google.com/webmasters/tools/disavow
Lalu kalian bisa melihat tampilan seperti ini.


Jika kalian memiliki beberapa situs pada akun google webmasters kalian pastikan terlebih dahulu memilih situs yang akan kalian gunakan untuk mencekal tautan balik dari situs tertentu.

Jika kalian klik menolak tautan seperti gambar di atas, kalian akan di bawa ke akun google webmasters, kuranglebih tampilannya seperti ini.


Jika kalian yakin ingin menyangkal tautan balik dari sebuah situs lanjutkan dengan mengklik, menyangkal tautan selanjutnya kalian bisa melihat proses untuk kalian mengupload sebuah file.txt yang kalian buat tadi, dan pastikan file tadi sudah kalian isi dengan nama situs yang akan kalian cekal, perhatikan screenshot.


Pada tampilan seperti di atas silahkan terlebih dahulu kalian memilih file untuk di upload, selanjutnya klik kirim, dan kalian akan mendapatkan sebuah e-mail pemberitahuan dari pihak google console tentang berita pencekalan tautan balik tadi.

PERLU DI INGAT

Ingat teman kita sebagai sesama blogger, wapper semua pasti membutuhkan traffic ke situs yang kita kelola, dengan atau tanpa tujuan yang jelas, akan tetapi semua hal tersebut tidak akan berhasil tanpa usaha dan kerja keras.

Tidak ada sesuatu hal yang instan terjadi ini termasuk ke situs yang kita kelola, tidak akan bisa secara instan bisa menghasilkan ratusan hingga ribuan traffic, semua butuh usaha dan mengunakan cara-cara yang melanggar ketentuan kebijakan google webmasters akan berdampak buruk pada apa yang kita kelola.

Termasuk sebuah backlink juga bisa berakibat yang kurang baik untuk situs kita, dari itu mari kita sadari jika semua membutuhkan usaha dan kerja keras kita dalam membangun sebuah situs baik itu wap ponsel, blog dan situs lainnya.

Demikian postingan ini saya terbitkan mohon maaf jika terdapat kekuragan dalam menguraikan tulisan, dan semogga bermanfaat.

0 Response to "Tips memblokir backlink ke blog"

Post a Comment

Kami Telah Menandai Spam Pada Komentar Yang Memberikan Link Hidup.