Error 404 pada webmasters dan cara mengatasinya

Untuk kalian para webmasters, pasti pernah mengalami hal semacam Error 404 yang terdapat pada akun webmasters yang kalian gunakan, saat kalian melihat hal semacam ini pada Google Search console yang kalian gunakan tentu hal semacam ini sedikit membuat kalian penasaran dan ingin segera menghapusnya.

Sebelum kalian mengatasi masalah semacam ini dengan cara menandai dan menghapusnya, ada baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu mengapa hal semacam ini bisa terjadi, dan untuk mengetahui jawabannya silahkan baca Artikel ini hingga ke bawah.

error 404

Dan berikut penyebab terjadinya Error 404 Page Not Found yang saya ketahui.

MENGHAPUS URL

Menghapus sebuah URL pada situs yang kita kelola, bukan hanya sebuah Faktor kesengajaan, akan tetapi juga bisa terjadi karna Ketidak sengajaan, bisa saya contohkan :
Sebagai pengelola situs kita pasti pernah menganti CMS atau Script pada website yang kita kelola, hal semacam ini juga bisa menimbulkan hilangnya URL yang telah terekam oleh Data Webmaster.
Sedikit contoh di atas, bisa kita simpulkan, menghapus URL bukan hanya Faktor kesengajaan akan tetapi juga bisa terjadi karna Faktor ketidak sengajaan.

Jika kalian Blogger, kebetulan mengunakan Platfrom Blogspot hal ini bisa terjadi "jika" sebelumnya kalian mengunakan Template dengan mengaktifkan Tampilan Selular lalu kalian menganti dengan tidak mengunakannya lagi, perlu di sadari bahwa pengalihan laman dari :

blog-kalian/URL.html?m=1 dan ?m=0

Juga akan ikut terindek pada mesin pencari, saat kalian merubah dan tidak lagi mengaktifkan tampilan Selular, Error 404 pada akun webmasters kalian akan muncul, karna Spiders (bot) tidak lagi menemukan URL tersebut.
Nah hal ini lah yang nantinya akan menimbulkan Error 404 pada akun webmasters kita, dan terkadang berbulan-bulan hal semacam ini akan terus tayang walaupun sudah di hapus beberapa kali saja.

KONTEN YANG DI BUAT SECARA OTOMATIS

Membuat konten dengan cara Otomatis, juga bisa menimbulkan hal semacam ini, untuk jaman sekarang sangatlah banyak sekali yang mengunakan cara ini, sebut saja mereka yang membuat situs dengan mengunakan Script Grab dan yang paling banyak sekali di gunakan adalah Grab Mp3 juga Video, pada Sitemap sebuah situs yang mengunakan Script semacam ini bisa  mencapai puluhan ribu, yang bisa kita pastikan Url pada Script yang dibuat secara Otomatis akan selalu berubah-ubah dengan sendirinya.

Jika kalian Blogger, untuk jaman sekarang juga ada banyak sekali yang membuat Artikel secara Otomatis, sebut saja Artikel Auto Post, untuk kita para blogger perlu diketahu, membuat Artikel secara otomatis bukan hanya Error 404 yang bisa kita temukan, akan tetapi Duplicate Content juga akan terus terjadi, baik Duplicate antara Judul, juga isi dari Artikel yang dibuat secara Otomatis tersebut.

Nah ke 2 hal diatas, yang sering sekali saya alami, walaupun masih banyak lagi penyebab bisa terjadinya hal semacam ini, baik itu dari Gangguan pada server yang kita gunakan, atau juga memang kita tanpa sengaja mengedit URL tersebut.

Dan berikut cara simpel untuk mengatasinya.

CARA MENGATASI ERROR 404

Sebenarnya cara untuk mengatasi hal ini cukup mudah, dan juga cukup rumit dan memakan waktu, lamanya waktu yang kita gunakan tergantung dari banyak atau sedikitnya URL yang hilang terebut, jika URL tersebut hanya sedikit saya sarankan kalian untuk memperbaikinya.

Cara untuk memperbaiki hal ini, kalian cukup membuat kembali URL yang hilang tersebut pada situs yang kalian kelola, jika kalian membangun situs mengunakan Script dan Hosting tentu hal ini akan sangat mudah untuk kalian lakukan.

Jika kalian seorang Blogger yang memiliki Akses untuk membuat URL, cobalah untuk membuat URL tersebut, lalu tunggulah beberapa hari setelah kalian membuat URL tersebut, pesan Error pun akan hilang dengan sendirinya.

Namun jika tidak bisa membuat URL tersebut, mungkin jalan terakhir yang bisa kalian tempuh adalah menghapus URL tersebut agar tidak muncul lagi, dan berikut cara menghapusnya :

Pertama silahkan kalian buka terlebih dahulu website yang akan kalian hapus URLnya tersbut, jika kalian memiliki lebih dari satu Pilihlah terlebih dahulu, setelah kalian membukan website kalian yang terdapat Error 404 tersebut, pasti hal tersebut akan langsung ditampilkan pada layar yang kalian lihat, kalian lanjutkan saja untuk melihat berapa banyak yang error tersebut, dan selanjutnya klik URL yang ditampilkan, dan Copy terlebih dahulu, kurang lebih seperti ini.

webmasters error 404

Jika kalian melihat ada banyak URL yang akan dihapus, sebaiknya buatlah sebuah Notepad atau tempatkan terlebih dahulu URL yang akan kalian hapus, selanjutnya klik bacaan Tandai Sebagai Telah Diperbaiki agar pemberitahuan tersebut hilang sementara.

Selanjutnya URL yang telah kalian salin tadi, hapus dari hasil penelusuran, agar tidak muncul lagi, INGAT! jangan menghapus URL kalian sekaligus banyak, jika tidak ingin menimbulkan terjadinya Spam Pada situs kalian, hapus saja dengan cara perlahan-lahan, dan saya sarankan jika kalian baru saja ingin menghapus cukup 3 URL saja.
Dan untuk menghapus URL tersebut kalian bisa mengklik Google Indek pada alat Webmasters kalian, untuk lebih jelasnya seperti ini.

hapus url

Selanjutnya kalian bisa mengisi terlebih dahulu, URL yang tadi telah kalian Copy dan lanjutkan dengan mengklik terus, dan kalian bisa melihat tampilan seperti ini.

hapus dari pencarian google

Ulangi cara diatas secara berlahan, jika terdapat beberapa URL yang akan kalian hapus, maksimal kalian harus menunggu dari Status menunggu hingga terdapat bacaan Dihapus/masukan Ulang, dan setelah kalian kirimkan 3 lanjutkan dengan 4 atau 5 dan begitu seterusnya hingga semua URL terhapus.

Sebenarnya Error 404 jika dilihat melalui, bantuan webmasters kita bisa mengabaikan hal tersebut, dan untuk melihat lebih jelasnya bisa melihat pada halaman bantuan webmasters dibawah ini :

Kesalahan Tidak Ditemukan (404)

Walaupun menurut bantuan webmasters, kita bisa mengabaikan hal tersebut bukan berarti kita sepenuhnya untuk mengabaikan, terlebih jika terjadinya hilang URL secara terus menerus dan bertambah setiap hari, minggunya tentu lama kelamaan juga akan menimbulkan Resiko yang tidak bagus juga untuk peringkat situs yang kita kelola.

Mungkin cukup sebatas itu saja yang bisa saya sampaikan, untuk kekurangannya kalian bisa mencari tau lebih banyak lagi dari banyaknya Artikel yang bisa kalian jumpai.

0 Response to "Error 404 pada webmasters dan cara mengatasinya"

Post a Comment

Kami Telah Menandai Spam Pada Komentar Yang Memberikan Link Hidup.