Pengertian dan dampak sandbox pada blog

Mungkin kata Sandbox Google juga Bing Sandbox sudah tidak asing lagi terlihat oleh kalian, terutama untuk kalian yang membaca artikel ini, untuk kalian yang mencari dan lalu membaca Artikel ini pasti kalian sedang mencari tau akan apa itu sandbux, atau kalian sedang mencari Tutorial cara keluar dari sandbox sudah pasti ini yang sedang ada dalam pikira kalian saat akan membaca Artikel ini.

sandbox google dan bing

Pada banyak artikel yang biasa kita jumpai, terdapat banyak yang memberikan tutorial untuk cara keluar dari hukuman mesin pencarian ini, dan tidak sedikit pula artikel yang terkadang menyesatkan.
Tanpa bisa dimengerti usaha untuk keluar dari hukuman tersebut, dan juga masih banyak dari para pemilik (admin) blog yang sama sekali belum mengerti akan apa itu Sandbox, sekali mereka melihat, mengecek, melakukan pencarian pada mesin pencari dengan alamat situsnya, hanya terdapat beberapa URL saja, dan lantas sang pemilik blog tersebut spontan menjadi Mumet Ndase (bahasa jawa) Artinya : Kepalanya Pusing.

Padahal itu semua belum tentu situs yang ia kelola benar-benar berada dalam tahanan tersebut, maka dari itu kenali dan cari tau terlebih dahulu akan semua hal tersebut, jika kalian merasa terdapatnya kejangalan pada situs kalian, atau sangat sulit sekali mendapatkan peringkat di mesin pencarian, perlu kalian ketahui terlebih dahulu sebab-sebabnya hal tersebut bisa terjadi jangan lantas kalian merasa itu semua ulah dari Sandbox karna itu belum tentu, dan untuk kalian menguji situs kalian pada mesin pencarian, bisa langsung kalian test melalui mesin pencarian dengan mengetikan :

site:http://alamat-situs(dot)kalian

Dan jangan lupa untuk mengecek terlebih dahulu, URL situs kalian yang terindex pada akun Google Search Console kalian, atau juga pada Bing Webmasters.
Bukan hanya Google yang memiliki Sadbox akan tetapi Bing juga memiliki Sandbox, jadi kalian harus mengeceknya terlebih dahulu berapa banyak URL tersebut terindex.

Jika kalian mengetikan tulisan pada mesin pencarian dengan site:http://alamat-situs(dot)kalian lalu kalian hanya mendapati Satu, Dua atau beberapa URL saja, perlu kalian ketahui terlebih dahulu Usia, dan berapa banyak URL yang terdapat pada situs kalian.
Pada situs yang masih terbilang sangat baru di verifikasi, atau masih beberapa bulan saja hadir di jagad maya, hal tersebut mungkin sudah lumrah terjadi, kembali lagi pada pengelolanya (anda, kalian) sebagai pengelolanya, seberapa unik Konten yang terdapat pada situs kalian, dan seberapa keras usaha kalian.

Akan tetapi, jika situs kalian yang tadinya sangat ramai akan pengunjung dan juga telah cukup usia, yaitu minimal 90 Hari lebih ini bisa terdapa beberapa kedala, jika alamat URL hilang sebagian atau keseluruhan URL ini artinya situs kalian berada pada DeIndex atau Delsting, bukan Sandbox jika Sandbox berbeda, dan untuk membahas tentang Delsting pada situs kalian lain waktu saya akan Update.
Bukan hanya, Delsting yang bisa terjadi pada situs kalian, Spam Manual Action juga bisa berdampak seperti ini, dengan hilangnya sebagian atau keseluruhan URL situs kalian pada mesin pencari, jika Spam Manual yang menimpa situs kalian, akan lebih cepat untuk memastikannya yaitu kalian akan mendapatkan e-mail pemberitahuan Pemberian Sangsi tersebut via e-mail kalian, dan ini bukan Sandbox karna itu berbeda.

LALU APA ITU SANDOX

Jika kalian masih belum mengerti juga, silahkan baca sampai habis artikel ini.
Sandbox tidaklah begitu berbahaya, atau sebuah hal yang perlu kalian takuti jika menimpa pada situs kalian, sebaliknya ini bisa menguntungkan juga untuk peringkat situs kalian dikemudian hari, Sandbux bisa kita artikan sebagai Tahanan dan Tahanan juga terdapat maksimal jumlah penahannya, biasanya Sandbux hanya akan menahan 24 jam hingga 2 minggu saja tidak lebih dari itu lalu kemudian, URL yang tadinya ditahan akan ditempatkan pada halaman yang sesuai dengan Keunikan serta kualitasnya jika URL atau Artikel yang kalian buat benar-benar Berkualitas juga Bermanfaat sudah tentu Artikel tersebut akan mendapatkan peringkat yang bagus dan menduduki halaman yang sesuai dengan peringkatnya.

Jadi kalian tidak perlu kuatir, atau repot-repot mencari jalan untuk keluar dari Sandbox tersebut, terlebih jika kalian habiskan waktu dengan percuma seperti mencari-cari, membaca-baca artikel yang hasilnya hanya akan itu-itu saja, lebih baik kalian teruskan membuat Artikel atau menyiapkan Konten yang bagus-bagus pada situs kalian, dengan begitu waktu dan usaha kalian akan lebih membuahkan hasil.

Untuk situs berstatus demikian, tidak perlu di ambil jauh-jauh dari situs lain, Blog ini www.ndaru.id sebelum saya membuat Artikel ini terlebih dahulu saya Cek, dan hasilnya Blog ini berstatus Sandbox By google, akan tetapi saya tidak mengambil pusing hal tersebut, lebih baik saya membuat Artikel dari pada harus pusing memikirkan tentang hal tersebut, karna hal ini juga pernah menimpa diblog saya yang lainnya terlebih dahulu, dan untuk kalian yang ingin juga mengecek status situs kalian bisa cek di sini :

www.pixelgroove.com/serp/sandbox_checker

Saat kalian mengklik Link di atas, silahkan masukkan alamat situs kalian, dan akan terlihat hasilnya, dan untuk Blog ini bisa kalian perhatikan screenshot di bawah.

cek sandbox

Seperti yang saya tulis diatas, hal semacam ini tidak akan mengoyahkan saya dalam menulis Artikel pada blog ini, dan juga saya tidak akan mengambil pusing akan hal itu.

Begitu juga yang saya harapkan dari kalian, jika situs kalian berstatus seperti pada Blog ini juga saya harapkan jangan terlalu berlebihan dalam menyikapinya, teruslah untuk membuat Artikel atau menambahkan Konten-konten yang unik pada situs yang kalian kelola.
Pada saatnya nanti, Artikel-artikel atau juga Konten-konten yang terdapat pada situs kalian akan tetap menduduki halaman yang sesuai pada peringkatnya.

Untuk berfikir simpelnya, Sandbox ini semacam tempat untuk memeriksa, karna sekian banyaknya yang diperiksa oleh Tim Sandbox tersebut maka akan ada banyak yang melakukan pengantrian untuk diperiksa, dan pemeriksaan inilah yang nantinya akan menjadi penentuan untuk peringkat pada URL situs kita nanti.

Lalu taukah kalian mengapa hal ini bisa terjadi???
Jika kalian belum mengerti mengapa hal ini bisa terjadi, silahkan teruskan membaca Artikel ini.

PENYEBAB SANDBOX GOOGLE DAN BING

Ada beberapa hal atau Penyebab hal ini bisa terjadi, jika sepengelamnya mengapa hal ini bisa terjadi jawabannya tidaklah terlalu rumit seperti yang kalian bayangkan, akan tetapi bisa berupa hal yang tanpa kalian sadari dan di antaranya.

Membuat Banyak Artikel dalam waktu yang berdekatan hal ini, akan langsung bisa terjadinya Sandbox pada situs atau blog yang kalian kelola, dan bukan hanya itu bisa jadi situs yang kalian kelola akan langsung terkena tindakan Spam Manual Action dari Google Search Console, kita contohkan, misalhkan kalian admin blog, lalu mempublikasikan Puluhan hingga Ratusan atau bahkan sampai Ribuan Artikel dalam satu harinya sudah jelas blog kalian akan berada dalam Masa tahanan tersebut, dan mempublikasikan banyak Artikel dalam waktu yang berdekatan juga bukan sebuah hal yang mustahil, bisa kita perhatikan Blog-blog yang membuat Artikel secara Otomatis, atau sang adminnya sengaja mengunaka Auto Postingan hal ini sangat bisa saja terjadi.

Mengapa hal ini bisa terditeksi???
Jelas saja hal ini bisa terditeksi, saat kita mempublikasikan sebuah Artikel pada saatnya Spiders (bot) akan merayapi blog kita, dan Robots tersebutlah yang nantinya akan memberikan laporan dan mengirimkan URL tersebut ke Index halaman mesin pencarian, sudah pasti akan akan terditeksi bukan!!!
Terlebih jika Robots tersebut, menkategorikan hal tersebut sebagai Spam atau hanya sebagai sampah sudah jelas URL tersebut akan sulit sekali ada pada mesin pencarian, jikapun ada sudah pasti pada halaman-halaman 10 atau bahkan lebih jauh lagi.

Submit URL hal ini juga paling banyak dilakukan, dan pasti tanpa kita sadari jika hal ini juga bisa menjadi penyebab masuknya situs kita ke masa tahanan, memang pada saat selesai mensubmit sebuah URL atau Artikel yang kita buat, selang 5 menit saja, lalu kita melakukan pencarian dengan kata kunci sesuai dengan judul Artikel yang kita buat bisa jadi langsung berada di Page One atau halaman terdepat da di List pertama juga.
Namun hal ini, belum bisa dipastikan URL yang kita kirim tadi akan bertahan atau tidak pada posisinya tadi, bisa bertahan jika Artikel tersebut benar-benar berkualitas setelah melewati masa pemeriksaan, terlebih jika Blog tersebut terbilang masih sangat baru, bukan hanya Sandbox yang akan memeriksa Blog kita akan tetapi Tim Search yang biasanya menjatuhkan Spam Manual juga akan ikut meninjau situs kita, karna hal ini membuat semacam kecurigaan, situs baru namun telah banyak URLnya yang hadir di halaman pertama (Page One) mesin telusur.
Hal semacam ini juga sering terjadi pada blog-blog yang telah lama, atau telah cukup usia, saat sebuah blog yang mengunakan sub-domain dari banyaknya Penyedia Blog Builder baik yang Gratis atau juga berbayar, menambahkan domain dengan Alamat Pribadinya, bahasa kerennya Parkir atau Custom Domain.
Sebelumnya sebuah blog bersub-domain tadi menambahkan Domain sangatlah banyak URL dari blog tersebut yang berada di halaman awal mesin telusur, lalu pemiliknya menambahkan Domain baru, dan jelas Traffic akan melonjak pada domain yang masih terbilang sangat baru, dan hal biasanya akan menimbulkan kecurigaan oleh Tim Search mesin pencarian yang akan secara Manual mengunjungi situs yang baru ditambahkan Domain tadi.
Nah disini terkadang terdapatnya beberapa, Artikel yang bisa dianggap melanggar ketentuan Mutu Webmasters dan langsung menjatuhka sangsi berupa Spam Manual, akan tetapi hal ini jarang terjadi untuk blog-blog yang benar-benar memberikan Konten yang bermanfaat dan berkualitas, dan untuk masuknya ke masa pemeriksaan atau Sandbox ini akan tetap terjadi.

Dan perlu juga kita ketahui, Submit URL ini bukanlah menjanjikan sebauh Artikel yang kita buat bisa berada pada halaman awal mesin pencarian, karna fungsi dari fitur ini hanya untuk memberitahukan bahwa terdapatnya URL yang baru dibuat pada situs kita agar segera dirayapi.

Jika kita mengetikan kata kunci, Submit URL pada mesin pencarian bukan hanya Submit di Google yang bisa kita temukan, akan tetapi situs penyedia mesin telusur dari bing.com juga ikut hadir untuk meramaikannya kata pencarian tersebut, dan hal ini sama juga terdapat www.bingsandbox.com yang akan melakukan pemeriksaan pada Blog kita.

Backlink juga bisa memberikan dampak Sandbox untuk blog yang kita kelola, karna mesin pencarian seperti Google hanya menerima backlink yang bersih saja, dalam artian yang dibangun dengan sesuai ketentuan dan juga berkualitas.
Banyak Artikel yang bisa kita temukan, backlink yang sangat bagus adalah dari situs yang berdomain .gov dan lain sebagainya, ini bukanlah sebuah acuan bagusnya peringkat pada situs yang kita kelola.

Seperti yang kita ketahui, jika kita melakukan pencarian dengan kata kunci Free Backlink, terdapat banyak situs penyedia backlink secara Free atau Gratis, baik backlink generator atau juga Sofwer-sofwer, dari Ratusan hingga Ribuan backlink bisa kita dapatkan, lalu tahukan kalian dari mana saja Ping tersebut, backlink yang kita dapatkan bukanlah sebuah backlink yang bisa dibilang Istimewa, sebaliknya situs kita diberikan backlink dari situs-situs penyedia Whois-whois, terkadang terdapat situs yang sama sekali kita tidak mengerti bahasa apa yang digunakan oleh situs yang memberikan backlink ke situs yang kita kelola.
Hal semacam ini lebih akan menyebabkan dampak buruk pada situs kita, bukan hanya sangsi berupa Sandbux bahkan URL kita akan tertaman jauh pada halaman mesin telusur.

Mengunakan Sub-domain Blog jika kalian para blogger, baik yang mengunakan Blog Builder wap ponsel atau juga yang lainnya, dan blog kalian berstatus Sandbox namun kalian tidak merasa membuat pelanggaran apa pun seperti yang saya sebutkan diatas, jawabannya hanya sedikit, cobalah kalian melakukan pengecekkan pada domain utama Blog kalian, banyak terjadi hal ini, jika domain utama blog yang kita gunakan berstatus Sandbox maka semua sub-domainnya juga akan berstatus tersebut, hal ini bisa kalian uji saat membaca tulisan ini.

Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa menyebabkan, situs kalian masuk ke masa pemeriksaan tersebut, dan dari pengalaman yang pernah saya alami adalah seperti yang telah saya tuliska diatas, dan selebihnya saya belum mengetahui, akan tetapi kita kembali seperti pada penulisan saya diatas, kalian tidak perlu pusing memikirkan hal ini, teruslah membuat Artike dan membagikan Konten yang bisa menambah manfaat untuk situs kalian.

Tidak akan ada guna serta habisnya, jika kalian terus saja mencari Artikel yang membahas tentang Sandbox, malah sebaliknya waktu kalian akan terbuang percuma.

Dan sedikit saya tambahkan, jika kalian masih ragu akan semua isi dari situs kalian yang saat di cek berstatus Sandbox, saya sarankan untuk kalian mengecek semua Tag, Konten dan lain-lainnya pada situs kalian, untuk mengeceknya kalian bisa mengunakan situs ini :

www.seositecheckup.com

Dan untuk pengecekan kalian bisa memilih terlebih dahulu, dan beberapa pilihannya bisa kalian lihat pada screenshot ini.

cek seo blog

Kalian bisa mengunakan situs yang saya rekomendasikan diatas, untuk sekadar mengecek situs yang kalian kelola, dan untuk selebihnya silahkan kalian melakukan perbaikkan pada situs.

Jika kalian mengelola blog, buatlah Artikel-artikel yang bermanfaat untuk pengunjung situs kalian, dengan begitu manfaat dari Ngeblog dan pengalaman yang pernah kita dapat bisa dibagikan pada para pembaca yang mengunjungi situs kalian.

Saya rasa Artikel ini mungkin sudah bisa membuat kalian sedikit mengerti, dan jika terdapat beberapa tulisan yang menyinggung perasaan kalian saya mohon maaf dan semoga artikel ini bermanfaat.

0 Response to "Pengertian dan dampak sandbox pada blog"

Post a Comment

Kami Telah Menandai Spam Pada Komentar Yang Memberikan Link Hidup.