Manfaat jambu biji untuk kesehatan

Manfaat jambu biji untuk kesehatan

Jambu biji sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.
Jambu biji sangat banyak sekali mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita, jambu biji juga mengandung vitamin C yang sangat tinggi.
Jambu biji juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil, selain untuk menjaga kesehatan ibu hamil juga dapat meningkatkan kesehatan untuk janin yang sedang berada dalam kandungan,

Kandungan Nutrisi Jambu Biji

Jambu biji 100 gram mengandung nutrisi diantaranya :
Vitamin A sekitar 25 SI
Vitamin B1 0,02 mg
Vitamin C 87 mg
Kalsium 14 mg
Kalori 49 kal
Protein 0,9 mg
Lemak 0,3 gram
Air 86 gram
Fosfor, 28 gram
Zat besi, 1,1 mg
Hidrat arang 12,2 gram.
Jadi sangat wajar saja sekali, jika jambu biji bisa menjadi buah yang sehat untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang mengandung (Ibu hamil).

Jambu Biji Merah
jambu biji merah


Beberapa Manfaat Buah Jambu Biji untuk Kesehatan :

Mencegah Kanker
Dengan mengkonsumsi jambu biji, dapat mencegah tubuh kita dari penyakit kanker.
Perbanyaklah mengosumsi jambu biji secara teratur, kandungan likopen (zat pewarna) yang berada dalam buah jambu biji akan masuk kedalam darah dan mencegah terjadinya oksidasi.
Pigmen pewarna inilah yang bermanfaat untuk anti oksidasi dalam tubuh sehingga mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker pada tubuh kita.
Diet dan Berat Badan
Jika kita memiliki berat badan berlebih atau kegemukan, mengonsumsi jambu biji bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menurunkan berat badan.
Menjaga Kesehatan Kulit
Buah jambu merah juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, karena di dalam buah jambu biji merah mengandung vitamin C, beta karoten dan juga anti oksidan yang sangat tinggi.
Sehingga kulit akan tampak lebih cerah, lembut dan jauh dari gangguan kulit seperti jerawat, kulit kering, kulit berminyak dan gangguan kulit lainnya.
Karena dari itu, buah jambu biji sangat banyak dijadikan sebagai bahan untuk membuat lotion.
Manfaat dari Tanin
Kandungan tanin sangat bermanfaat untuk kesehatan kita, ada beberapa manfaat yang bisa kita peroleh seperti dapat menjaga kesehatan pencernaan, dan bisa melancarkan sirkulasi darah dan bisa menangkal virus-virus yang masuk kedalam tubuh.
Mencegah Serangan Jantung
Menurut sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi buah jambu biji secara rutin dalam jangka waktu 4 minggu dengan kapasitas 500 gram perhari bisa mencegah terjadinya serangan jantung.
Mengeluarkan Kolesterol dari Tubuh
Jambu biji sangat bermanfaat untuk kesehatan, yang pertama adalah dapat mengeluarkan kolesterol jahat dalam tubuh kita, hal ini dikarenakan kandungan pectin di dalamnya berguna untuk mengikat kolesterol dan batu empedu serta mengeluarkannya dari dalam tubuh.
Mengobati Darah Tinggi
Manfaat selanjutnya adalah dapat mengatasi tekanan darah tinggi, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah pecah dan mengakibatkan terjadi penyakit kronis seperti Stroke dan jantung atau lumpuh.
 • Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Buah jambu biji mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat untuk menjaga bahkan meningkatkan kekebalan tubuh secara instan, mengonsumsi secara rutin sangat dianjurkan untuk kesehatan tubuh.
Meningkatkan Stamina
Mengonsumsi buah jambu biji, juga bermanfaat untuk menigngkatkan energi dalam stamina tubuh bagi ibu hamil.
Pembentukan Kolagen
Buah jambu biji memiliki kandungan senyawa antioksidan yang sangat tinggi yang dihasilkan oleh kandungan vitamin C, kandungan vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sintesis kolagen di dalam tubuh.
Kolagen merupakan protein yang di butuhkan oleh tubuh dalam menjaga integritas pada pembuluh darah, kulit, tulang dan organ tubuh lainnya.
Menjaga Kesehatan Pencernaan
Buah jambu biji merah juga sangat berkhasiat dalam menjaga kesehatan pencernaan, karena di dalam buah jambu biji mengandung serat alami yang sangat bermanfaat dalam melancarkan system pencernaan seperti susah BAB, sembelit serta membuang zat-zat berbahaya di dalam usus.
Menjaga Kesehatan Tubuh
Buah jambu biji merah juga kaya akan vitamin B kompleks, sehingga sangat bermnafaat untuk menjaga kesehatan tubuh.
Mengobati Demam Berdarah
Buah jambu biji merah juga sangat berkhasiat dalam mengobati penyakit demam berdarah, karena buah jambu biji merah kaya akan kandungan zat besi yang dapat membantu pembentukan sel darah baru di dalam tubuh.
Mengendorkan Otot Saraf yang Tegang
Jambu biji kaya akan kandungan magnesium yang sangat berkhasiat untuk relaksasi, sehingga dapat membantu dalam mengendurkan otot-otot saraf di dalam tubuh.
Selain itu, mengkonsumsi buah jambu biji merah setelah melakukan aktivitas seharian dapat mengembalikan stamina yang hilang.
Menjaga Kesehatan Otak
Vitamin B3 dan B6 yang terdapat di dalam buah jambu merah sangat berguna dalam membantu menjaga fungsi otak dengan cara melancarkan sirkulasi darah dengan baik.
Namun jangan berlebihan dalam mengosumsi jambu biji, beberapa pihak meyakinkan jika terlalu banyak mengosumsi jambu biji dapat menyebabkan usus buntu.

Nah sampai disini dulu artikel tentang manfaat jambu biji, semogga bermanfaat.

0 Response to "Manfaat jambu biji untuk kesehatan"

Post a Comment

Kami Telah Menandai Spam Pada Komentar Yang Memberikan Link Hidup.